Program Pengabmas Sasar Gizi Buruk Desa Jomblang

Program Pengembangan Masyarakat di Desa Jomblang dari Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi D3 Keperawatan Blora.
Program Pengabdian Masyarakat
BLORA, ME - Sebanyak 40 ibu - ibu beserta anak balitanya, berkumpul di Balai Desa Jomblang, Kecamatan Jepon, pada Rabu (11/9/2019). Guna mengikuti sosialisasi program Pengabdian Masyarakat yang disingkat Pengabmas 2019, yang diselenggarakan oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, Program Studi Diploma 3 Keperawatan Blora. Setelah beberapa hari yang lalu, melaksanakan di Dukuh Belik, Desa Temurejo, yaitu pendampingan kesehatan pasangan usia subur pada komunitas Samin. Kali ini dilaksanakan Pendampingan Balita yang mengalami gizi kurang. Menurut Erni Nuryanti, selaku Ketua Pelaksana, Desa Jomblang merupakan Desa binaan.
"Kegiatan ini rutin kami laksanakan di Desa Jomblang, yang merupakan Desa binaan Prodi D3 Keperawatan Blora untuk program pengabdian masyarakat, yaitu pendampingan balita gizi kurang," ungkapnya kepada Monitor Ekonomi.

Kasus Gizi Buruk
Sebenarnya masyarakat Desa Jomblang itu, rata - rata tingkat kesejahteraan ekonomi keluarganya bagus, bisa dikatakan bukan Desa miskin apalagi tertinggal. Sebagian besar Kepala Keluarganya bekerja di industri perminyakan dan gas.
"Memang warga masyarakat disini, bisa dikatakan tingkat ekonominya menengah, namun tingkat pengetahuan, ibu - ibu disini tentang pemberian makanan bergizi yang seimbang, masih kurang, mereka terbiasa memberikan makanan siap saji kepada anaknya, untuk itu kami berikan pendampingan, bagaimana memasak makanan yang bergizi," papar Dosen Prodi D3 Keperawatan Blora. Hal yang sama disampaikan oleh Koordinator Program Pengabdian Masyarakat 2019, Jarot Sugiharta.

"Ibu - ibu tadi juga diajari bagaimana memasak yang menggugah selera anak - anak, misalnya memasak sop yang enak, wortelnya dipotong - potong dengan bentuk bintang, kotak atau apa saja, yang menarik, sekaligus bisa meningkatkan kecerdasan mereka," paparnya kembali.

Praktek komunikasi lapangan
Sementara itu, disaat yang sama dua mahasiswi yang selalu ikut dalam kegiatan Pengabmas 2019, Hera dan Hana, mahasiswi semester 3 Prodi Keperawatan Blora, menyampaikan, sangat senang belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan di masyarakat.
"Senang sekali melihat Dosen kami Pak Jarot, Bu Herni serta Pak Suhardono saat berkomunikasi dengan masyarakat, mereka begitu sabar menjelaskan, kadang - kadang diselingi humor, sehingga tidak kaku dan membosankan bagi yang mendengarkan, ini pelajaran yang sangat berharga bagi kami," ungkap mereka.

Siti Jumiah, salah satu kader Posyandu yang mengurusi pemantauan berat badan dan perkembangan anak, mengaku sangat terbantu, dengan adanya program pendampingan kepada Ibu - ibu dan balita.
"Ini sangat penting dan bermanfaat untuk masyarakat Desa Jomblang, kami Ibu - ibu diajari tentang pemenuhan makanan yang bergizi seimbang untuk anak balita, bayi dan ibu hamil, agar anak - anak kami tumbuh sehat dan cerdas, tidak mengalami stunting, alias gizi buruk," tandasnya. (Rome)


Tim Sosialisasi Pengabmas 2019
Dosen Poltekkes Kemenkes Prodi D3 Keperawatan Blora

1. Erni Nuryanti, S. Kep Ns, M. Kes
2. Jarot Sugiharta, A. Kep, M.Kes
3. Suhardono, S.Kep Ns, M.Kes

Posting Komentar

0 Komentar