PAUD DIKMAS DISUPERVISI PEMETAAN MUTU

Foto : Supervisi pemetaan mutu Satuan Paud dan Pendidikan Masyarakat di Blora
• Supervisi Pemetaan Mutu
BLORA, ME - Delapan Puluh Enam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) yang terdiri atas Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP),  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Pendidikan Anak Usia Dini (KB dan TK) disupervisi terkait Pemetaan Mutu yang diselenggarakan Oleh Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PP - Paud Dikmas) Jawa Tengah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Blora. Supervisi ini berlangsung selama 2 hari, masing-masing 43 Satuan setiap harinya (31 Juli - 1 Agustus 2019).

Standar Nasional Pendidikan
Tujuan Pusat Pengembangan PAUD Dikmas Jateng menyelenggarakan Pemetaan mutu adalah memfasilitasi Satuan Pendidikan Paud dan Dikmas di Blora agar dapat memenuhi standar nasional pendidikan dan dapat meningkatkan mutu layanan programnya. Dengan demikian satuan2 pendidikan tersebut akan lebih siap untuk mengikuti akreditasi.
Tindak lanjut dari kegiatan supervisi di Aula C Diknas yang berlangsung selama 2 hari ini, adalah nanti akan ada supervisi baik Tim Supervisi dari Blora maupun PP Paud Dikmas Jawa Tengah ke satuannya masing-masing.

Peninjauan Langsung Lokasi
"Bapak ibu sekalian sangat beruntung karena dari banyaknya satuan yang ada  di Blora, hanya bapak ibu yang ada di ruang ini yang diundang untuk mengikuti Pemetaan Mutu. Mudah-mudahan dengan adanya Pemetaan Mutu ini bapak ibu lebih semangat, percaya diri dan siap untuk mengajukan akreditasi melalui sistem penilaian akreditasi (Sispena) ke depannya." kata Drs. Supriyatno, MM, Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Blora, Ketua Tim Pelaksana Supervisi Pemetaan Mutu 2019.

Setelah 2 hari satuan diberikan penjelasan di Aula C Diknas, selanjutnya Tim Supervisi yang akan meninjau langsung ke Satuan PAUD dan Dikmas masing-masing.

Bisa Ikuti Akreditasi
Tim Supervisi Kabupaten sebanyak 8 orang, terdiri atas Pejabat Dinas Pendidikan Nasional (Dindiknas),  Pengawas PAUD dan Praktisi Pendidikan Masyarakat (Dikmas). Sementara Tuty Setyaningsih berharap nanti satuan yang sudah disupervisi bisa mengikuti akreditasi di tahun 2019.

"Kami berharap setidaknya 75 % yang ikut Pemetaan mutu bisa berlanjut ke Sispena tahap 4 di tahun ini, yaitu 2 Oktober 2019", ungkapnya kepada Monitor Ekonomi.
(Red/ Rome)

Posting Komentar

0 Komentar