IKLAN




 

Tradisi Sungkeman Syawalan Siswa dan Guru

Tradisi Siswa Putri Sungkem kepada salah satu gurunya (Ft. Istimewa)
Halal bi Halal di Sekolah
Surakarta, ME - Hamparan tikar yang rapi terlihat di halaman SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. Ditambah sebuah panggung telah siap di teras kelas. Cantik dengan hiasan pepohonan buatan, backdrop, dan pot bunga. Beberapa siswa yang datang pagi asyik bercanda. Bergembira dengan suasana baru di hari itu. Selasa (18/6) SDIT Nur Hidayah Surakarta menggelar acara bertajuk Halal Bihalal dan Tasyakuran Syawalan Guru Karyawan dan Siswa-siswi SDIT Nur Hidayah Surakarta.

Kegiatan pra acara diisi dengan penampilan dari ekstra kurikuler Nasyid SDIT Nur Hidayah. Mereka menyanyikan beberapa lagu islami. Selanjutnya masuk serangkaian kegiatan yang diawali dengan pembukaan dan hafalan tiga surat al qur'an oleh semua peserta. Acara dilanjutkan sambutan oleh Kepala Sekolah SDIT Nur Hidayah yakni Ustadz Waskito, S. Pd.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan, "Setelah Allah mendidik kita semua di bulan Ramadhan dan menganugerahkan kebersihan hati, maka mari kita sempurnakan dengan saling membersihkan kesalahan sesama saudara dalam acara halal bi halal. Semoga setelah hari ini kita semua menjadi pribadi yang lebih bertaqwa kepada Allah. Juga dalam kesempatan kali ini ustadz sampaikan penghargaan kepada semua siswa yang sudah menyelesaikan puasa sunah Syawal 6 hari. Juga bagi yang masih proses menyelesaikan puasanya. Ustadz bangga, bahagia, dan mendoakan semoga siswa-siswi SDIT Nur Hidayah teguh menjalankan semua perintah Allah SWT".

Selesai sambutan dilanjutkan proses ikrar halal bi halal dan sungkeman. Para murid diwaliki oleh 5 (lima) orang dari perwakilan kelas. Sedangkan para guru diwakili oleh para koordinator kelas paralel. Selesai ikrar dilanjutkan acara sungkeman. Para siswa yang maju salaman dengan takdzim kepada para guru. Dilanjutkan oleh semua siswa secara bergiliran bersalaman kepada semua guru.

Antar siswa saling maaf memaafkan (Ft. Istimewa)
Hiburan Islami
Selanjutnya para siswa dan guru yang hadir menikmati sajian hiburan dari Tim Jimbe, Tim Nasyid, bahkan perwakilan dari guru. Suasana riang gembira semakin terasa. Para peserta juga menikmati kue lebaran yang tadi dibawa dari rumah. Sebagai penutup acara dilantunkan doa penutup. Acara diakhiri dengan makan bersama di halaman sekolah. Guru, karyawan, cleaning servis semua menyatu makan bersama dengan berbagai menu.

"Aku senang dengan acara ini karena bisa bertemu teman, saling maaf-maafan. Apalagi ada tampilan yang menghibur. Alhamdulillah puasa Ramadhanku komplit." ungkap Anindita Putriandani Fazila (8th) siswa kelas 2

Sedangkan menurut Ustadzah Yan Syakila, S. Ag selaku salah satu panitia menyampaikan, tujuan acara halal bi halal dilaksanakan di Sekolah SD Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta.

"Tujuan kegiatan ini selain berhalal bihalal, melatihkan sikap maaf dan memaafkan, juga untuk mengapresiasi siswa yang berpuasa sunah syawal. Selain itu juga ada acara sungkeman yang mengandung maksud mengajarkan adab mulia kepada orang yang lebih tua. Melatih dan membiasakan siswa berhati dan bersikap lembut, takdzim santun hormat kepada semua, utamanya kepada yang lebih tua." (Humas/nug)


Posting Komentar

0 Komentar