Rakor Kades se - Kecamatan Jepon Untuk Jalin Kekompakan

Rakor Kades se Kecamatan Jepon di Desa Gedangdowo

Pertemuan rutin Kades
Blora-ME, Bertempat di kediaman Kades Gedangdowo, Sutikno, pertemuan rutin Para pemangku kepentingan se Kecamatan Jepon, yang terdiri dari para Kepala Desa, yang tergabung dalam Praja se Kecamatan Jepon, Camat Jepon yang kali ini diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Jepon, Sugeng. Dari Kepolisian Sektor ( Polsek ) diwakili Bhabinkamtibmas, Anggota Polsek Jepon, Simin, Penyuluh PLKB Jepon, Budi beserta Kepala Puskesmas Pembantu Puledagel, Sri Miningsih. Dalam pidato sambutannya, Kades Sutikno menyampaikan apresiasinya, atas kedatangan para anggota forum pimpinan kecamatan Jepon di kediamannya.
" Saya ucapkan selamat datang dan mohon maaf karena keterbatasan tempat, karena pendopo desa sedang kami bongkar dan perbaiki, untuk pertemuan rakor terakhir di tahun ini (2018.red) kami selenggarakan di rumah," ungkapnya.


Tetap jaga kekompakan
Sambutan berikutnya disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan Jepon, Sugeng. Kekompakan dan kesolidan antar stakeholder di Kecamatan Jepon hendaknya selalu dijaga.
" Para Kades dan lurah serta Para pimpinan di forkompimcam Jepon, hingga saat ini selalu kompak dan solid, sehingga segala permasalahan di wilayah kita, bisa segera diselesaikan bersama, oleh karena itu, marilah kita pertahankan dan kita tingkatkan, soliditas, komunikasi dan kerjasama yang baik ini," ungkapnya.
" Selain kekompakan kerjasama, saya juga ingin menyampaikan terkait pelaksanaan anggaran tahun 2018 ini, yang tinggal menghitung hari ini, untuk segera diselesaikan proyeknya dan sekaligus administrasi pertanggung jawaban penggunaan anggarannya, baik itu Dana Desa, ADD, Bankeu dari Propinsi, maupun Kabupaten, laksanakan semua tepat waktu dan tepat mutu," tambahnya.


Waspadai bencana alam
Kanit Bimas dari Polsek Jepon, Aiptu Sukimin, SH, pun mengungkapkan perlunya kewaspadaan masyarakat di wilayah Kecamatan Jepon, akan datangnya bencana alam, di musim penghujan ini. Bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung memang kerap melanda diwilayah Blora.
" Meskipun Blora secara geografis terjaga dari bencana besar, seperti gempa, gunung meletus, atau tsunami, kita harus tetap waspada, mari kita jaga lingkungan dengan baik, agar tidak terjadi bencana di wilayah kita," ujarnya.
Usai Kanit Bimas Polsek Jepon memberikan sambutan, giliran Kepala Puskesmas Pembantu Puledagel, Sri Miningsih memberikan pengarahan kesehatan masyarakat, terkait dengan wabah penyakit deman berdarah, dan berhasilnya Kecamatan Jepon, menjadi Zero Angka Kematian Ibu dan Anak, selama tiga tahun berturut - turut, serta tidak berstatus menjadi locus stunting.
" Saat ini trending topiknya adalah wabah demam berdarah, di Puskesmas kami siap melayani pemeriksaan lekosit dan trombosit, kalau Ada anggota keluarga, terutama anak - anak panas tiga hari berturut - turut, segera diperiksakan. Dugaan kami pasti kena DB," ungkapnya.


Penyuluhan Hukum BLC
Ketua Blora Lawyers Club, Sugiyarto, SH, MH (kanan)
Dipenghujung acara, penyuluhan Hukum oleh Blora Lawyers Club diberikan kesempatan untuk memaparkan tentang pentingnya pendampingan hukum bagi para Kepala Desa. Sesuai dengan amanat Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa dan Pasal 26 huruf N, yang pada intinya Kepala Desa dalam menjalankan tugasnya, bisa meminta pendampingan Hukum kepada advokat atau Pengacara. Ketua Blora Lawyers Club, Sugiyarto, SH, MH, menyampaikan tentang Hak Kepala Desa untuk mendapatkan pendampingan Hukum adalah legal dan tidak bertentangan dengan perundang - undangan yang berlaku.
" Sesuai dengan pasal 26 huruf n, UU nomor 6 tahun 2014, Kepala Desa bisa menunjuk penasehat Hukum didalam maupun diluar pengadilan, saya dari Blora Lawyer Club menyampaikan ini, sebagai bentuk kami mengawal konstitusi, agar para Kepala Desa tidak mudah dijerat tindak pidana korupsi, sehingga mudah diintimidasi dan diperas oleh oknum - oknum yang tidak bertanggungjawab, kami siap mendampingi anda bila diberikan kuasa, beberapa Kades di Blora, Kedungtuban, Randublatung dan Japah, telah memberikan kuasa kepada kami, hingga saat ini, tiga tahun berturut - turut kami ditunjuk sebagai kuasa Hukum PNPM se Kabupaten Blora, dan semua aman," tandasnya. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar