IKLAN




 

Susu Kambing Etawa, Sehat Dan Menyegarkan Badan

Kades Klopoduwur, Heri sedang memberikan pakan hijauan rumput untuk kambing etawanya

"Untuk meningkatkan pendapatan keluarga dan sekaligus menyediakan minuman tambahan yang bergizi tinggi, Kades Klopoduwur bersama sang istri terjuni peternakan kambing untuk indukan dan usaha susu kambing etawa di rumahnya"

Susu kambing Ettawa segar dimasukkan ke dalam freezer hingga membeku

Peternakan Kambing Ettawa
BLORA, ME - Usaha ternak kambing  Etawa dan Boer  yang dilakukan secara mandiri oleh Kepala Desa Klopoduwur, Heri terbilang berani dan nekad, pasalnya komoditas hewan peternakan yang menghasilkan susu dan pedaging itu, terbilang membutuhkan modal yang tidak sedikit, alias mencapai ratusan juta rupiah.

Mulai dari pembelian kambing etawa betina dalam jumlah yang besar dan pejantan, yang mahal harganya, harus diperhitungkan dengan cermat, termasuk biaya pembuatan kandang dan penyediaan pakan ternaknya.

"Saya ada beli 30 ekor kambing etawa, dengan varietas yang berbeda - beda, khusus jantan saya beli tiga ekor, harganya per ekor adalah Rp. 25 Juta, itu kategori pejantan super, untuk betinanya yang akan kita peras susunya kita beli dalam 3 kategori, yaitu kategori ekonomis, menengah dan super untuk indukannya, dan tiga kambing Boer dari Australia untuk pedaging," ungkap Heri.

Produk Susu Etawa
Menurut Heri, dirinya mulai beternak kambing etawa sejak 2 bulan yang lalu, jadi masih perlu belajar banyak, akan tetapi sudah bisa merasakan manfaatnya, yaitu dari produk susu kambing etawa yang bisa diperas dari 8 ekor kambingnya, yang per ekor mampu berproduksi sebanyak 1 liter susu segar.

Setiap hari dirinya memproduksi sebanyak 20 - 30 botol susu kambing etawa ukuran 250 mililiter, kemudian dimasukkan ke dalam lemari pendingin/Freezer hingga susu tersebut membeku dan menjadi es batu, seperti layaknya membuat es lilin. Per botol susu tersebut dijual Rp. 12.500.

"Susu etawa kami murni, tidak ada campuran air apapun, jadi setelah diperas dan dimasukkan botol 250 ml, kita taruh ke lemari pendingin, hingga membeku, kemudian untuk mencairkannya kita masukkan botol berisi susu beku itu, ke dalam rebusan air panas, untuk mencairkan susunya, rasanya segar dan tidak berbau amis atau prengus, bila dibandingkan dengan susu sapi," ungkap Heri kembali.

Manfaat Susu Etawa
Susu Kambing Etawa memiliki manfaat yang luar biasa, baik untuk diminum oleh anak - anak yang masih dalam masa pertumbuhan, maupun orang dewasa dan lansia, karena memiliki kandungan gizi protein yang tinggi, namun rendah lemak dan kolesterol, dibanding susu biasa, susu kambing etawa sangat baik untuk kesehatan dan menyegarkan badan dan mampu menahan lapar lebih lama.

Dan menurut Heri, kualitas susu etawa berimbang dengan air susu ibu, untuk anak - anak yang menyusui, juga baik diminum oleh ibu yang sedang hamil, serta para lansia. Masih menurut Kades Klopoduwur yang terkenal kreatif dan inovatif ini, susu kambing etawa juga bagus untuk para penderita pegal linu, dan menjaga tulang agar tidak mudah rapuh.

"Istri saya biasanya kesemutan dan linu - linu, begitu minum susu itu langsung sembuh, hingga sekarang, jadi kami biasakan minum susu ini untuk keluarga, untuk menjaga kesehatan dan mempercepat pertumbuhan anak - anak, jadi ini bagus mencegah Stunting," ujarnya kembali.

Budidaya Perlu Dikembangkan
Pengamat Sosial dan Ekonomi Blora, Kurnia Adi mengungkapkan perlunya dorongan dari Pemerintah melalui Dinas - Dinas terkait, untuk mengembangkan budidaya peternakan kambing etawa, dengan tujuan selain untuk tujuan ekonomi juga menjaga kesehatan masyarakat, dengan menggalakkan penyediaan makanan tambahan yang bergizi tinggi berupa susu segar.

"Pemerintah melalui Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora, bisa cek kesana, lihat potensinya dan kalau perlu didampingi budidayanya, selanjutnya hasil produknya bisa dibeli pemerintah untuk pengadaan makanan tambahan balita, untuk percepatan penurunan stunting, untuk yang lansia juga bisa untuk menjaga kesehatan badannya, kalo ini berhasil atau terbukti bisa dikembangkan secara massal dengan support anggaran yang cukup," paparnya melalui pesan WhatsApp. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar