IKLAN




 

KPU Blora Pastikan Netralitas KPPS

Komisioner KPUD Blora, Ahmad Mustakim paparkan tahapan Pemilu serentak 2024 kepada Media Pers Blora

"KPUD Blora bersama para insan media gelar Ngopi Bareng dan Sosialisasi Pemilu 2024, dalam paparannya mereka menyampaikan tahapan - tahapannya"

Sosialisasi Pemilu 2024 bersama para insan Media Pers Blora

Sosialisasi Pemilu 2024
BLORA, ME - Bertempat di Joglo Pertemuan Cafe dan Restoran Ikan Bakar Tempuran, Komisioner KPUD Kabupaten Blora gelar ngopi bareng dan sosialisasi Pemilu 2024 bersama para jurnalis, hari ini, Kamis (14/12/2023). 

Dalam pidato sambutannya, Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Heni Rina Minarti, mengungkapkan peran penting media pers untuk membantu sosialisasi Pemilu dan tahapannya untuk tingkatkan partisipasi Pemilih di Blora.

"Peran media pers sangat vital untuk tingkatkan partisipasi Pemilih, dan saat ini Pemilu kurang 60 hari lagi, jadi tingginya partisipasi pemilih tanda kesadaran demokrasi juga meningkat. Untuk itu kami mohon teman - teman bisa membantu tugas kami," ujarnya.

Jumlah DPT Blora
Sementara itu, di saat yang sama, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Ahmad Mustakim dalam paparannya menyampaikan beberapa data dan tahapan Pemilu serentak yang akan digelar pada hari Rabu Pahing, 14 Februari 2023 ke depan.

"Saat ini, jumlah pemilih menurun dari Pemilu sebelumnya (2019.red), saat ini jumlah pemilih yang tercantum di Daftar Pemilih Tetap (DPT) hanya sebanyak 704 ribuan, jumlah Dapil untuk Pemilihan DPRD Blora adalah sama yaitu 5 Dapil, yang berbeda adalah jumlah kursi untuk Dapil Blora 3 lebih banyak yaitu 9 kursi, sementara untuk Dapil Blora 5, hanya 8 kursi, disebabkan perbedaan jumlah populasi penduduk," ungkap Mustakim.

Dijelaskan juga oleh Ahmad Mustakim saat ini tahapan kampanye sudah dimulai oleh seluruh Calon Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota serta para Calon Presiden dan Wakil Presiden yang berjumlah tiga pasangan calon itu.

Netralitas Seluruh KPPS
Di saat yang sama, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Noorman Pramono memastikan bahwa dalam proses perekrutan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), yang berjumlah 20.000 anggota KPPS untuk sekitar 2000an lebih Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Kabupaten Blora.

"Kami pastikan seluruh calon anggota KPPS yang direkrut sudah kami cek dan sweeping latar belakang mereka, tidak terlibat atau menjadi anggota partai Politik, dan itu harus menandatangani pakta integritas untuk bersikap netral dalam melaksanakan tugasnya." ujar Noorman Pramono.

Komisioner yang lain, Ahmad Solikin juga meminta kepada para awak media untuk bisa memberikan informasi yang akurat terkait dugaan kecurangan Pemilu dalam setiap tahapannya kepada seluruh anggota KPUD Kabupaten Blora, agar bisa diantisipasi dan ditindaklanjuti bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blora. (Rome)

 

Posting Komentar

0 Komentar