IKLAN




 

Kami Siap Tingkatkan Produksi Tanaman Pangan

Lahan pertanian yang kritis dan rusak ini mengakibatkan kegagalan panen padi Blora

"Ahli Formulasi Pupuk Organik Cair PT Adri Graha Group Jakarta, menaruh perhatian untuk meningkatkan produksi tanaman pangan di lahan kritis Blora, akibat penggunaan pupuk kimia"

Dengan gunakan pupuk organik cair (POC) siap kembalikan kesuburan tanah dan tingkatkan produksi pangan 

Lahan Pertanian Kritis
BLORA, ME - Akibat penggunaan pupuk kimia yang berlangsung lama, dan dalam jumlah yang terus meningkat, kondisi kesuburan tanah areal persawahan di Blora terus menurun, bahkan telah mengalami titik kritis dan rusak, yang berakibat pada menurunnya jumlah produksi tanaman padi dari tahun ke tahun.

Bahkan jumlah kegagalan panen padi pada tahun lalu (2022) akibat diserang hama gerek terus meluas di wilayah Blora. Kondisi inilah yang membuat Haryanto, Ahli Formulasi Pupuk Organik Cair dari PT Adri Graha Group turun ke Blora, dengan tujuan untuk membantu petani, sekaligus memperbaiki kondisi kesuburan tanahnya.

"Kami prihatin mendengar banyak petani di wilayah Kedungtuban, yang mengalami gagal panen akibat hama yang menenggelamkan tanaman padi, di wilayah Kedungtuban, semua itu terjadi akibat kerusakan tanah oleh penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dan berlangsung lama," ungkap Hariyanto kepada Monitor Ekonomi pada Jumat (13/1/2023).

Padi PB01 siap diujicoba hasil panennya dengan menggunakan pupuk cair organik

Siap Tingkatkan Produksi
Berkaca dari kondisi tersebut, Hariyanto siap membantu para petani untuk mengembalikan kesuburan tanah, sekaligus meningkatkan produksi tanaman pangan untuk ketahanan pangan nasional. Dengan mengedukasi petani untuk menggunakan pupuk organik cair yang dihasilkan oleh PT Adri Graha Group.

Dirinya juga mengungkapkan penggunaan pupuk organik cair (POC) produknya, mampu menekan biaya pengolahan lahan untuk pemupukan hingga 70% atau sekitar hanya mengeluarkan Rp. 1,5 Juta per hektar, biaya untuk pembelian pupuk cair organik. 

"Dengan menggunakan pupuk organik cair kami, biaya pemupukan hanya mencapai Rp. 1,5 juta per hektar, ini jauh lebih hemat bila kita pakai pupuk yang biasa digunakan petani, dan hasilnya jauh lebih meningkat, dan tanah sawah kita lebih sehat, jadi siap meningkatkan hasil produksi tanaman pangan," ungkap Hariyanto kembali.

Ujicoba Benih Padi
Selain untuk mengembangkan pupuk organik cair di lahan kritis sawah Blora, Hariyanto juga berkolaborasi dengan petani dari Desa Nglandeyan, Kecamatan Kedungtuban, Blora, untuk membantu Hadi, mengembangkan bibit padi Blora atau yang disebut PB 01, dengan melakukan ujicoba lahan demplot seluas 1 hektar di Desa Sidorejo, Kedungtuban.

"Pak Hariyanto memberikan tantangan untuk meningkatkan produksi padi yang saya kembangkan yaitu PB 01, agar bisa panen sebanyak lebih dari 10 ton per hektar, dengan menggunakan POC produknya, kalau berhasil PT Agri Graha Group akan membantu mengupayakan sertifikasi benih di Balai Benih Kementan," ungkap Hadi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Haryanto, bahwa pihaknya siap membantu petani Blora, untuk menyehatkan lahannya dan meningkatkan produk tanaman pangan yaitu padi, jagung, kedelai, tebu dan tanaman hortikultura lainnya, termasuk peternakan serta perikanan darat, dengan formulasi pakan ternak yang dibuatnya. (Rome)



Posting Komentar

0 Komentar