IKLAN




 

Menpan RB Ingin Pelayanan ASN Ditingkatkan Untuk Rakyat

Kunjungan kerja Menteri PAN RB yang baru Abdullah Azwar Anas di Kabupaten Blora

"Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang baru saja dilantik langsung bergerak cepat, seluruh ASN diminta merubah kinerja dalam melayani rakyat"

Menpan RB, H. Abdullah Azwar Anas (tengah) didampingi Bupati Blora, Arief Rohman (kiri) usai berikan pengarahan dan pembinaan jajaran Pejabat Pemkab

Kunjungan Kerja Menpan
BLORA, ME - Bertempat di Gedung Aula Sekretariat Pemerintah Kabupaten Blora, pada Jumat malam (23/9/2022) sekitar kurang lebih 1 jam, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang baru, Azwar Anas memberikan pengarahan dihadapan para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora, dan Pimpinan Forkompimda Blora, dengan didampingi Bupati Blora, Arief Rohman dan Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati.

Dalam sambutannya Bupati Blora Arief Rohman menyampaikan apresiasi atas kunjungan kerja Menpan RB yang baru saja dilantik oleh Presiden Jokowi awal bulan September ini (5/9/2022). Bupati Arief meminta arahan dan petunjuk untuk membenahan kinerja ASN dan pelayanan dalam menanggulangi kemiskinan agar berjalan lebih cepat.

"Kami berharap Pak Menteri Anas bisa memberikan arahan dan petunjuk untuk kami bersama ASN di seluruh Kabupaten Blora untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam penanggulangan kemiskinan, dan kami terinspirasi oleh keberhasilan Pemkab Banyuwangi saat menjadi Bupati, bisa memajukan Banyuwangi dengan cepat," ujar Bupati Arief dalam sambutannya.

Perubahan Kinerja ASN
Menpan RB, Abdullah Azwar Anas dalam pengarahannya menyampaikan perlunya peningkatan pelayanan yang cepat, proaktif, ramah dan mengikuti perkembangan teknologi dan informasi digital, karena perubahan jaman dan teknologi inilah mantan Bupati Banyuwangi dua periode ini meminta agar ASN tidak hanya duduk di belakang meja.

"Kinerja ASN harus diubah sistemnya, pelayanan yang cepat, ramah, pro aktif jemput bola dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital harus dilakukan, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada, transformasi ASN menuju reformasi birokrasi berkelas dunia bisa terwujud apabila mau melakukan tersebut," papar Menpan RB.

Selain memaparkan upaya transformasi ASN, Menteri Azwar juga mengarahkan agar ASN fokus pada tiga reformasi birokrasi tematik, yaitu reformasi birokrasi pengentasan kemiskinan, investasi dan peetumbuhan ekonomi inklusif, dan administrasi pemerintahan.

Persebaran ASN
Terkait persebaran tugas ASN, Menpan RB juga menyampaikan akan mendata ulang persebaran tugas dari ASN yang tidak merata, yang sebagian besar tugasnya terkonsentrasi di Pulau Jawa, dan akan menelisik juga nasib - nasib tenaga kontrak atau honorer yang telah lama mengabdi, untuk bisa diangkat menjadi pegawai tetap atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak.

"Persebaran ASN kita ini tidak merata di seluruh Indonesia, sebagian besar terkonsentrasi di Pulau Jawa, oleh karena itu akan kita cek, dan akan kita buat aturan baru, tentang masa kerja untuk mencegah perpindahan ASN ke Jawa, biar ASN tersebar di seluruh pelosok tanah air" ujarnya kepada seluruh peserta pengarahan.

Selain agenda pengarahan kepada seluruh Pejabat di Pemerintah Kabupaten Blora, mulai dari Sekretaris Daerah, Komang Gede Irawadi, jajaran Kepala OPD dan Camat, serta perwakilan Forkompimda, mantan Ketua Umum Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama (IPNU) ini, malam itu juga akan menghadiri Silaturahmi Nasional dan ramah tamah dengan Pengurus dan Kader IPNU Kabupaten Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. (Rome)
 

Posting Komentar

0 Komentar