IKLAN




 

Pengurus Kelompok Peternak Jepara Kunjungi DPC BMWI Jepara

Ketua DPC BMWI Kabupaten Jepara, Nurcahyo, SH terima kunjungan Pengurus Kelompok Peternak "Gembala Jaya" dari Desa Sekuro, Jepara

"PENGARAHAN KELOMPOK TERNAK GEMBALA JAYA DESA SEKURO OLEH DPC BM-WI JEPARA"

Terima Kunjungan Peternak
Jepara ME - DPC BMWI Jepara menerima kunjungan Sukardi dan Wahyudi, Pengurus Kelompok Ternak "Gembala Jaya" dari  Desa Sekuro, Jepara, keduanya diterima oleh Ketua DPC BMWI Kabupaten Jepara, Nurcahyo, SH, di Sekretariat BMWI jl Ahmad Yani 28B Pengkol Jepara, Senin kemarin, (14/3/2022)

Kedatangan dua Pengurus tersebut, yaitu Sukardi dan Wahyudi tersebut, untuk meminta  arahan dan bimbingan dalam membentuk kelompok dan pengajuan SK sebagai pengukuhan dari Pemerintahan Desa setempat. Hal itu bermula dari survei lapangan yang dilakukan Ketua DPC BMWI Jepara ke lokasi para peternak kambing.

Sehingga sebagai tindak lanjut tersebut, pihak pengurus melaporkan data dari anggotanya. Dua puluh dua orang telah tercatat dalam keanggotaan kelompok tersebut. Oleh karena itu surat pengukuhan dari Pemerintahan Desa Sekuro, menjadi sangat penting dan mendasar untuk Kelompok Ternak Gembala Jaya, yang merupakan kelompok rintisan.

"Sudah ada 22 orang yang telah terdaftar sebagai anggota kelompok Ternak Gembala Jaya" terang Wahyudi selaku sekretaris kelompok.

Manfaat Kelompok Peternak
Arahan Nuryanto SH bahwa dari 22 orang tersebut, diutamakan telah memiliki ternak, dengan demikian telah memiliki kemampuan dasar dalam memelihara ternak kambingnya dengan baik.

"Secara pribadi, saya menyukai pertanian dan peternakan, serta berkeinginan untuk membuat kelompok." ujar Wahyudi.
"Dari segi manapun, yang namanya kelompok menjadikan lebih baik, mulai dari pengelolaan, kemudian pemasaran, sehingga mekanisme pengendalian harga jual terkendali, dan memberikan manfaat yang sangat banyak" sambungnya.

Sementara itu di saat yang sama, Ketua DPC Barisan Muda Wirausaha Indonesia Kabupaten Jepara, Nuryanto SH juga memberikan arahan dan wawasan 

"Jangan semata mata organisasi atau kelompok mengharapkan permodalan, jangan semata - mata mengharapkan bantuan, Lembaga kita mengajak untuk berprinsip, justru permodalan  menjadi point terakhir, point utama adalah menata  masyarakat, mendorong agar mau maju dan berkembang, tanpa harus menunggu dari program pemerintah, dan kita berharap lembaga kita, dapat menjadi kepanjangan tangan dari pemerintah." sambungnya.

BMWI Siap Membantu
Nuryanto mengungkapkan bahwa, di mana masyarakat yang mau berkembang dan mau maju, DPC BMWI Jepara sangat mendorong melalui pendampingan secara berkelanjutan.

"Pergerakan dan aktivitas kita, mengharuskan yang telah memiliki kelompok, maka perlu mengajukan perijinan, setelah memiliki perijinan secara individu tentunya pemerintah akan senang" jelasnya.

"Selanjutnya dilakukan pendampingan tata kelola ternak kambing agar menjadi lebih baik dan layak baru dilakukan diajukan pendampingan permodalan sebagai penunjang pengembangan usahanya." lanjutnya."Setelah berkembang tentunya masyarakat sendirilah yang merasakan" imbuhnya.

Dapat dikatakan, pendampingan perijinan dan pendampingan tata kelola, merupakan syarat mutlak dalam berproses, sebelum dilakukan pendampingan permodalan.
Point tertata, tertib dan sehat dari sisi usaha, menjadi dasar pendampingan permodalan.

Kedepan salah satu program kerja kelompok Ternak "Gembala Jaya" yang berada di Desa Sekuro, Jepara dapat menjadi percontohan kandang ternak, sekaligus menjadi pusat budidaya pakan ternak, dengan melalui pengembangan pupuk organik. Dan ini merupakan suatu tantangan yang tidak mudah.

Perlu diketahui, selama ini budidaya ternak yang dilakukan masyarakat Desa Sekuro, Jepara, adalah budidaya kambing Jawa Randu. Alasannya mengapa kambing Jawa Randu dipilih, karena dari sisi harga, lebih terjangkau dibanding kambing Etawa dan tekstur daging lebih tebal dari kambing Kacang. (DOD/ME/PWRI)

Posting Komentar

0 Komentar