IKLAN




 

Dapat Bantuan Kemensos, Batik Kembang Rejo Makin Berdaya

Dapat Bantuan Kemensos, Batik Kembang Rejo Makin Berdaya

BLORA - Setahun berdiri, Kelompok Batik "Kembang Rejo" Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong Kabupaten Blora akhirnya mendapat perhatian dari Kementerian Sosial RI. Kelompok Pembatik Lokal ini mendapatkan bantuan program Penguatan Kearifan Lokal dalam rangka Pencegahan Konflik Sosial dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kementerian Sosial pada Desember 2021.

Menurut Sri Puji Lestari Ketua Kelompok Batik Kembang Rejo sewaktu ditemui Monitor Ekonomi di workshop-nya, Kamis (30/12/2021), merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan pemerintah tersebut. "Uang sebesar itu langsung kami belanjakan untuk menambah peralatan dan perlengkapan. Bahkan kami juga membeli cap dengan motif yang kami buat sendiri," kata Sri Puji berbinar. 

Pada workshop Kelompok Batik Kembang Rejo, terlihat belasan cap untuk membatik berbahan logam bermotif daun jati, kembang, kupu-kupu, parangan, dan cap tepi kain batik. "Kalau ini untuk cap pinggiran, motifnya parang klithik," kata Sri Puji sambil menunjukkan peralatan cap batik di atas meja cap.

Dapat Bantuan Kemensos, Batik Kembang Rejo Makin Berdaya

"Kami sangat terbantu sekali dengan adanya bantuan dari bu Menteri Sosial. Pembuatan batik semakin cepat. Dan semakin lengkapnya perlengkapan, peralatan dan bahan yang kami punyai, ternyata juga bisa menarik  anak-anak muda untuk ikut melihat kegiatan kami," ungkap Sri Puji. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Sambongrejo Heru Prayitno membenarkan perkataan Sri Puji. "Setelah mendapatkan bantuan peralatan komplit dari Kemensos, membuat tempat ini semakin ramai dikunjungi warga. Ada yang hanya melihat, tapi ada juga yang sudah mulai tertarik untuk ikut mencoba belajar membuat batik," kata Kades Sambongrejo.

"Bila permintaan batik dari Sambongrejo ini meningkat, akan kami bentuk kelompok-kelompok batik baru untuk memenuhi permintaan pasar. Untuk sementara, hasil produksi batik ini masih kita distribusikan pada kalangan terbatas. Dan setelah ini akan kita pikirkan pola pemasaran yang lebih baik lagi, selain 'njagakna' tamu yang rawuh ke Desa Wisata kami," kata Kades Sambongrejo.

Kelompok Batik Kembang Rejo dibentuk pada tahun 2019 di Desa Sambongrejo. Desa Sambongrejo sendiri juga telah dikukuhkan sebagai Desa Wisata Kabupaten Blora. Semula kelompok batik ini memproduksi karyanya dengan metode batik tulis, belakangan dengan memanfaatkan bantuan Kemensos, juga menghasilkan batik cap. Harga batik cap relatif lebih murah daripada batik tulis itu sendiri. (HW)

Posting Komentar

0 Komentar