IKLAN




 

DPR RI Harmusa Dorong UMKM Harus Miliki QRIS Untuk Pembayaran




GROBONGAN  – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Harmusa Oktaviani menggelar sosialisasi  Gerakan Nasional Non Tunai pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang bertempat di Grand Master Hotel Purwodadi, Sabtu (6/11/ 2021).

Acara yang melibatkan Tim Rumah Aspirasi Harmusa Oktaviani dan Bank Indonesia tersebut diikuti ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tokoh masyarakat dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Dalam kesempatan itu, Harmusa menegaskan pentingnya pembayaran non tunai melalui QRIS karena lebih efektif dan aman.

“Semua UMKM harus segera memiliki Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) karena sangat bermanfaat dalam proses transaksi keuangan dan pengembangan usaha UMKM. Sistem pembayaran dengan QRIS sangat mempermudah masyarakat utamanya UMKM dalam proses transaksi, dan jelas lebih aman,” ujar Harmusa Oktaviani  yang merupakan anggota Komisi XI DPR RI.

Sementara itu Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Andry Prasmuko menjelaskan bahwa penggunaan QRIS untuk menjawab tuntutan zaman dalam bertransaksi jual beli.

Dikatakannya, perkembangan alat pembayaran non tunai saat ini telah berevolusi secara pesat seiring berkembangnya ekonomi dan keuangan digital 4.0.

“BI gencar melakukan sosialisasi kepada berbagai lapisan masyarakat untuk menggunakan QRIS. QRIS merupakan standar QR yang mengintegrasikan seluruh platform aplikasi pembayaran digital yang diterbitkan oleh seluruh penyedia jasa sistem pembayaran. Dengan QRIS, pelaku UMKM dapat menerima pembayaran dari seluruh aplikasi sistem pembayaran digital,” jelasnya.

Ditambahkannya, manfaat yang didapatkan dari penggunaan QRIS antara lain; transaksi aman, cepat, convenience dan efisien, transaksi tercatat secara historis, dapat membantu kontrol terhadap pengeluaran, mengurangi risiko uang tunai hilang atau dicuri serta mengurangi risiko pembayaran dengan uang palsu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Agus Seno Aji selaku Kepala Divisi Implementasi KEKDA KPWBI Provinsi Jawa Tengah, Febrina Kepala Tim Implementasi Kebijakan SP dan Pengawasan PUR Bank Indonesia, Ina Mulyani dari BRI Kantor cabang Grobogan ( Relation Manager Dana ) dan Kepala MI Nurul Ulum, Saiful Hidayat. (Ag)

Posting Komentar

0 Komentar