IKLAN




 

Keluarga Muda Petani Balongrejo Panen Bawang Merah

Keluarga muda petani Desa Balongrejo budidaya tanaman bawang merah

"Bawang Merah menjadi motivasi Pemuda untuk bertani di saat pandemi"

Petani Bawang Merah
BLORA, ME - Bawang Merah menjadi inspirasi pemuda untuk bertani. Siswanto (30) merupakan pemuda asal Desa Balongrejo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, yang saat ini menekuni pekerjaan bidang pertanian.

Saat ditemui awak media, saat memanen bawang merah yang ditanamnya sekitar 3 bulan yang lalu. 

"Saat ini masih dalam keadaan pandemi, sulit untuk mendapatkan pekerjaan, yang ada malah banyak terjadi PHK," katanya.

Lain halnya kalau di desa, masih banyak peluang pekerjaan kalau kita mau, contoh di bidang pertanian, kami selalu mengajak temen - teman pemuda yang lain untuk tidak patah semangat, perihal pekerjaan ini lanjutnya.

Ajak Jadi Petani
Siswanto merupakan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan juga Pengurus Karang Taruna di Desa Balongrejo tersebut, berusaha memberi contoh kepada teman-temannya untuk menekuni profesi ini.

"Kalau kendala modal di desa ada Bumdes yang siap membantu permodalan," katanya.

Hasil panennya saat ini mendapatkan 4 kuintal dari modal awal sebesar Rp 3jt. Artinya kalau dikalkulasi harga bawang merah saat ini Rp 18rb Per kg, ia mendapatkan Rp 7.200.000

Manfaatkan Modal Bumdes
Hal sama juga disampaikan Ahmad Safii (29) yang masih kerabat Siswanto. Dengan memanfaatkan pinjaman dari Bumdes, ia saat ini juga mendapatkan hasilnya, sekaligus dapat memenuhi kebutuhan keluarganya.

"Alhamdulillah bisa panen, semoga kedepan bisa mendapatkan hasil lebih banyak lagi," saat menyampaikan kepada Monitor Ekonomi.

Ia juga mengatakan, sebelum pandemi covid 19 ini juga bekerja diluar kota. "Dari pada dirumah nganggur, lebih baik mencoba dan belajar bertani," katanya. (AU)

Posting Komentar

0 Komentar