IKLAN




 

30 Anggota Baru Berhasil Lewati Prosesi Adat Saka Wanabakti Randu

30 Anggota Baru Berhasil Lewati Prosesi Adat Saka Wanabakti Randu 01

Randublatung - ME
, Bertepatan dengan peringatan hari kesaktian Pancasila, Saka Wanabakti Pangkalan  Perhutani KPH Randublatung melantik sebanyak 30 orang anggota baru di halaman Sanggar Bhakti Kamis (01/10/2021). Sebelum mengikuti pelantikan, para calon anggota Saka Wanabakti pangkalan Perhutani Randublatung diharuskan mengikuti serangkaian prosesi adat yang ada di Saka Wanabakti Randublatung.  

Prosesi adat tersebut antara lain penjelajahan hutan minimal sejauh 20 Km pada malam hari, pensucian diri, dan penanaman jiwa patriot dan cinta tanah air.  Prosesi tersebut telah dilaksanakan oleh para calon anggota dengan melakukan penjelajahan hutan di wilayah hutan Randublatung yang dilaksanakan start dari Sanggar Bhakti jam 19.30 WIB  finish kembali ke Sanggar Bhakti jam 03.00 WIB.  Pada jam itu pula, langsung dilakukan pelantikan oleh Ketua Saka. 

Prosesi adat Saka Wanabakti ditujukan untuk menanamkan rasa bangga pada badge Saka yang di perolehnya dengan penuh perjuangan. Dengan demikian para anggota Saka Wanabakti akan lebih konsekuen dengan apa yang sekarang menjadi tanggungjawabnya.

30 Anggota Baru Berhasil Lewati Prosesi Adat Saka Wanabakti Randu 02

Apresiasi Positif ADM dan Anggota

Administratur Perhutani Randublatung memberikan apresiasi positif  kepada para anggota baru yang dilantik. 

 "Selamat datang adik-adik anggota baru Saka Wanabakti Randublatung. Selanjutnya adik-adik nanti akan belajar banyak tentang kehutanan.  Dalam latihan rutin nanti akan di bimbing oleh para Kakak - kakak Instruktur dan Pamong Saka  untuk mendalami Empat Krida yang ada di Saka Wanabakti. Empat Krida itu adalah Krida Tata Wana, Bina Wana, Guna Wana,  Reksa Wana yang semua kegiatanya sangat menarik, mengasyikan dan penuh tantangan sesuai dengan selera generasi muda", ujar Dewanto.

30 Anggota Baru Berhasil Lewati Prosesi Adat Saka Wanabakti Randu 03

Di tempat yang sama, Isniana Dewi Puspita (17) salah satu anggota baru yang berasal dari Gugus Depan SMA Negeri Randublatung mengungkapkan kegembiraanya karena berhasil dilantik menjadi anggota Saka Wanabakti Randublatung 

"Saya Merasa bangga bisa masuk dan dilantik menjadi anggota Saka Wanabakti Randublatung. Tidak mudah untuk bisa memenuhi syarat dan bisa melewati adat yang ada. Dan ini saya bisa melewatinya. Saya tertarik dengan Saka Wanabakti karena kegiatanya sangat menantang. Selain itu, berhubungan alam dan hutan," ungkapnya

Hadir dalam acara tersebut Administratur Perhutani KPH Randublatung Dewanto selaku ketua Majelis Pembimbinga Saka, Agus Kusnanadar Waka Adm Wilayah Utara selaku Ketua Pimpinan Saka Wanabakti Randublatung, Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Randublatung Lilik Sukahar, Pembina Gugus Depan SMA Negeri Randublatung Gunawan SPD, dan segenap Pimpinan , Pamong serta Instruktur saka Wanabakti Randublatung. (HNT)

Posting Komentar

0 Komentar