IKLAN




 

Rakha, Olimpian Kebumian Yang Ukir Prestasi Di Rusia

                      Iqbal Rakha Perdana

Olimpiade Kebumian
Surakarta, ME - Iqbal Rakha Perdana, siswa SMAIT Nur Hidayah angkatan XI, mulai menggeluti Olimpiade Kebumian sejak menempuh pendidikan di SMP IT Nur Hidayah. Anak pertama dari tiga bersaudara ini, telah berhasil menorehkan berbagai prestasi di bidang Kebumian dari tingkat kota hingga internasional. Yang terbaru ini, Rakha menjadi salah satu perwakilan tim nasional di International Earth Science Olympiad (IESO) 2021 dan mempersembahkan medali perak. 

Selama enam hari dari tanggal 25 sampai 30 Agustus 2021, Rakha bersama tujuh perwakilan lainnya dari Indonesia, bertanding secara daring dalam ajang IESO yang diselenggarakan di Tyumen University Rusia. Terdapat beberapa perlombaan yang harus diikuti oleh peserta dari setiap negara, yaitu Data Mining Test, National Version of Team Field Investigation, Earth System Project dan Mission to Mars. Rakha berhasil mendapatkan tiga penghargaan yakni Silver Medal in Data Mining Test, Prize 1 Earth System Art from Mentor Choice, Prize 3 Earth System Art from Participants Choice.

Lanjut Tingkat SMA
Giat prestasi Rakha di Olimpiade Kebumian dari SMP, dilanjutkan saat menempuh pendidikan di SMAIT Nur Hidayah. Saat duduk di kelas X Rakha mewakili sekolah maju ke tingkat Kota, lalu berlanjut ke tingkat Provinsi saat kelas kelas XI, lalu lolos dan maju sampai tingkat Nasional. Rakha berhasil meraih medali perak di tingkat Nasional, dan mengikuti pelatihan nasional seleksi tahap satu, hingga lolos ke pelatihan tahap dua. 

Pada pelatihan nasional tahap dua ini, tujuh orang termasuk Rakha, ditetapkan sebagai Tim Nasional, mewakili Indonesia di IESO. IESO adalah ajang kompetisi tertinggi, dalam Olimpiade Kebumian. Tidak hanya berprestasi di akademik, Rakha juga aktif di organisasi sebagai PHT OSIS, grup nasyid dan membantu mengelola Club Geo SMAIT Nur Hidayah.

Dukungan Aktif Sekolah
SMAIT Nur Hidayah memberikan bimbingan dukungan kepada Rakha, untuk persiapan olimpiade, selain itu juga rutin mengikutsertakan ke pelatihan nasional, dengan mentor alumni Pelatnas Kebumian. Semua itu diikuti Rakha sejak persiapan KSN Provinsi, lalu berpartisipasi di berbagai lomba geografi maupun kebumian. Dengan demikian, sekolah melatih mental dan memperkaya pengalaman berkompetisi Rakha, serta memberikan fasilitas yang diperlukannya. 

Barakallah dan selamat, untuk ananda Iqbal Rakha Perdana atas prestasi membanggakan. Semoga kemenangan Rakha, bisa menjadi kebangkitan prestasi nasional dan menjadi inspirasi bagi siswa yang lainnya. Dengan prestasi Rakha ini, sekaligus menjadi prestasi bagi SMAIT Nur Hidayah, yang terbukti mampu bersaing di tingkat Internasional. 

Rakha saat ini tercatat menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Semoga selalu dilancarkan jalan menuju cita-citanya dan terus berprestasi, ya Rakha. (Humas/Nug)

Posting Komentar

0 Komentar