IKLAN




 

Koperasi Harus Ikuti Perubahan

"KUD Sumber Makmur laksanakan Rapat Anggota Tahunan untuk laporkan pertanggungjawaban kinerja dan keuangan pada periode tahun 2020"

RAT KUD Blora
BLORA, ME - Meskipun terlambat, akibat penerapan PPKM untuk pencegahan Covid 19, Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Makmur Kecamatan Blora melaksanakan Rapat Anggota Tahunan atau RAT. Bertempat di Ruang Pertemuan KUD, RAT digelar dengan mengikuti protokol kesehatan, dengan peserta yang sangat terbatas, dan bermasker.

"Karena terkendala pandemi Covid 19 dan penerapan PPKM yang ditetapkan Pemerintah terus diperpanjang, kami baru bisa melaksanakannya, di awal bulan September ini," ungkap Ketua Panitia Penyelenggara RAT, Katerina.

Lebih Baik Terlambat
Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Dekopinda Kabupaten Blora, Supandi juga mengungkapkan apresiasinya, atas pelaksanaan RAT, meskipun terlambat beberapa bulan dari jadwal yang ditentukan oleh Undang - Undang.

"Kalau menurut Undang - Undang Koperasi, kewajiban RAT itu harus dilaksanakan paling lambat pada bulan Juni, namun karena kondisi pandemi Covid 19 ini, dan aturan penerapan PPKM, maka lebih baik terlambat, daripada tidak sama sekali, hal ini bisa dimaklumi bersama," ujarnya.

Harus Tingkatkan Pelayanan
Di saat yang sama, Ketua KUD Sumber Makmur Blora, Sukarno, kepada seluruh pengurus, pengawas dan anggota KUD Sumber Makmur, menyampaikan bahwa perlu meningkatkan pelayanan, yang lebih baik untuk para anggota. Dan apabila ada perubahan kepengurusan, didasarkan pada kompetensi dan keahlian.

"Saya harap, semua pengurus, pengawas dan anggota kompak, untuk membesarkan koperasi, jaga kekompakan dan kerjasama yang baik, dan bila ingin ada perubahan, harus diputuskan sesuai dengan kapasitas dan kompetensi pengurus, tujuannya untuk membesarkan dan meningkatkan pelayanan," ungkapnya.

Optimalisasi Pendapatan 
Perwakilan Pengawas KUD Sumber Makmur, Setiawan juga menyampaikan masukan terkait beberapa permasalahan yang harus ditindaklanjuti oleh Pengurus, diantaranya adalah terkait optimalisasi pendapatan KUD Sumber Makmur.

"Kami merekomendasikan kepada pengurus untuk bisa menyelesaikan persoalan pendapatan dari Pasar Medang, yang merupakan aset dari KUD, untuk optimalkan pendapatan koperasi, kedua segera dipilih Sekretaris KUD, baik secara aklamasi, atau pemilihan untuk meningkatkan pelayanan KUD," tandasnya.

Koperasi Harus Berubah
Kemudian sambutan terakhir dari perwakilan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Blora, yang disampaikan oleh Kepala Bidang  Koperasi, Edi Suprapto, meminta agar koperasi bisa berubah, yaitu mengikuti perkembangan teknologi digital.

"Koperasi harus bisa berubah, harus bisa mengikuti perkembangan teknologi informasi dalam manajerial bisnis dan pelayanannya, sekarang tidak jamannya kita duduk manis, menunggu, kita harus bergerak jemput bola, ini jaman digital, semua serba canggih, cepat dan persaingan sangat ketat dalam dunia usaha," tandasnya. (Rome)



Posting Komentar

0 Komentar