IKLAN




 

KAI Blora Terima PPL Mahasiswi Hukum IAIN Surakarta

Empat Mahasiswi IAIN Surakarta laksanakan PPL di Kantor Ketua DPC KAI Kabupaten Blora, Sugiyarto, SH, MH.

PPL Mahasiswi Hukum
Blora, ME -  Untuk mendapatkan gambaran proses persidangan secara langsung, 4 mahasiswi IAIN Surakarta melakukan Program Praktek Lapangan (PPL) di Kantor Pengacara Sugiyarto, SH, MH dan Asosiasi, yang berada di jalan raya Blora - Ngawen, Selasa kemarin (8/9/2021).
 
Keempat mahasiswa jurusan hukum ekonomi syariah itu masing-masing adalah Luluk Ilfitria, Nurhayati Shalikah, Nita Puspitasari dan Iza Miningsih. 
Iza mengaku kedatangan di kantor lawyer Sugiyarto untuk belajar langsung proses persidangan sesungguhnya di lapangan. 

"Kita ingin memperoleh visualisasi secara langsung dari apa yang kita dapatkan dari kampus. Tadi kita sudah lihat langsung di persidangan bagaimana proses mediasi berlangsung dan dilihatkan pula bentuk  surat kuasa itu seperti apa," katanya. 

Penasaran Profesi Pengacara
Mahasiswi asal Klaten ini, mengaku penasaran dengan sistem kerja seorang pengacara. Menurutnya untuk menjadi pengacara profesional harus memiliki bukti-bukti kuat di persidangan. 

"Sebenarnya penasaran saja pengacara itu seperti apa sih, tadi juga disampaikan pengacara yang baik itu harus punya bukti kuat saat proses persidangan digelar. Karena kalau sampai satu bukti saja tidak kuat bisa dimanfaatkan lawan," ujarnya.

Dirinya pun berharap dengan belajar ilmu hukum  secara langsung di ahlinya, ia bisa lebih banyak mendapat gambaran permasalahan-permasalahan hukum sesungguhnya di lapangan. 

"Semoga dengan PPL langsung disini, bisa menambah wawasan ilmu hukum kita. Bagaimana dalam menangani perkara hukum, membela klien hingga bisa memenangkan kasus," harapnya. 

Harapan Keadilan Hukum
Sementara itu, Sugiyarto,SH, MH yang juga Ketua DPC Kongres Advokat Indonesia Kabupaten Blora,  menekankan jadi Lawyer tidak mudah karena banyak anggapan negatif dari masyarakat. 

"Kalau itu terjadi, ingatkan itu bukan kita, tapi oknum-oknum yang hanya ingin memanfaatkan dari berbagai persoalan hukum yang berjalan, harapan kami nanti ada lahir lagi lawyer - lawyer yang berdedikasi tinggi, yang bisa benar - benar menegakkan hukum dan keadilan," jelasnya.

Sementara itu, Lawyer Chakim, partnernya berpesan kepada para mahasiswi untuk giat belajar, dan bisa lulus cum laud, serta mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, alias tidak bergantung menjadi pegawai baik ASN maupun swasta.  (Meg/me)

Posting Komentar

0 Komentar