Camat Edi : "Saya Jamin Tidak Ada Permainan Dalam Seleksi Perangkat!"

Camat Todanan Edi Widayat pimpin langsung rapat pemantapan ujian seleksi Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora

"Camat Todanan, Edi Widayat memastikan ujian seleksi Perangkat Desa tidak ada permainan uang kepada Panitia maupun Kepala Desa,"

Rapat Pemantapan

BLORA, ME - Camat Todanan, Edi Widayat memimpin langsung rapat pemantapan seleksi Perangkat Desa untuk wilayah Kecamatan Todanan, yang diikuti oleh 8 Kepala Desa, yaitu Desa Ngumbul, Dringo, Dalangan, Cokrowati, Prigi, Candi, Bicak dan Desa Gunungan, yang membuka ujian seleksi formasi untuk 47 Perangkat Desa, di Pendopo Kecamatan Todanan, pada Senin (8/2/2021).

"Rapat pemantapan ini untuk memberikan bekal dan pengarahan kepada 8 Desa yang membuka lowongan formasi Perangkat yang dibutuhkan, terkait pelaksanaan ujian tertulis dan syarat - syarat administratif lainnya, sesuai dengan Peraturan Bupati," paparnya kepada Monitor Ekonomi.

Dibiayai APBDes

Saat dikonfirmasi terkait biaya pelaksanaan ujian tersebut, Camat Edi menyampaikan bahwa ujian seleksi Perangkat akan dibiayai dan diselenggarakan di masing - masing Desa tersebut.

"Anggaran penyelenggaraan seleksi tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau APBDes tahun ini (2021), sebesar Rp. 20 Juta per Desa, jadi bukan memungut dari calon peserta ujian Perangkat Desa ya," tandasnya kembali.

Ujian 500 Soal

Disamping meminimalisir permainan uang, dalam pelaksanaan ujian juga telah diantisipasi tidak akan kebocoran soal - soal atau materi ujian, serta adanya point - point yang telah diatur bobot prosentasenya.

"Perangkat Desa itu ijazah minimalnya adalah SLTA sederajat, dan usianya dibatasi 42 tahun sejak tanggal pendaftaran, untuk ujian tertulis bobotnya hanya 40% sedangkan untuk pengabdian bobotnya adalah 60%, kemudian untuk ujian materinya berasal dari Bank Soal Pemerintah Kabupaten Blora, yang terdiri dari 500 soal, kemudian akan dipilih 100 soal secara acak, langsung saat akan dimulai ujian tersebut," ungkapnya kembali. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar