IKLAN




 

Semua Ingin Pembelajaran Tatap Muka


"Hampir satu tahun pandemik Covid 19, dan masih belum jelas sampai kapan berakhir, membuat dunia pendidikan mengalami degradasi baik mutu maupun mental bagi siswa, guru dan masyarakat, dan ini harus segera diambil sikap, krisis kemanusiaan sudah di depan mata"

Konkerkab PGRI Blora

BLORA, ME - Bupati Blora, Djoko Nugroho membuka Konferensi Kerja Kabupaten Blora yang pertama kali diselenggarakan Pengurus Persatuan Guru Republik  Indonesia (PGRI) Kabupaten Blora, di Rumah Makan Seloparang, Tempellemah Bang, Jepon, pada hari Sabtu (30/1/2021) pagi.

Dalam sambutannya, Bupati Kokok meminta agar perbedaan dalam kontestasi Pilkada Blora diakhiri, semua harus kembali bersatu, dan mengikuti pemerintahan yang baru di bawah pimpinan Arief Rohman - Tri Yuli Setyowati.

"Saat diselenggarakan hitung cepat, saya sudah tahu kalo istri saya kalah, dan saya langsung mengucapkan selamat kepada Pak Arief dan Bu Etik atas kemenangannya, untuk meredam suasana, agar tetap kondusif dan nyaman untuk semua masyarakat Blora, sekarang mari kita fokus, menyelamatkan mutu pendidikan anak - anak kita, akibat pandemik Covid ini, tidak bisa belajar maksimal, akibat pembatasan sosial untuk mencegah penularan Covid ini," ujarnya.

Pembelajaran Tatap Muka

Sementara itu, Ketua Pengurus PGRI Kabupaten Blora, Sintong Joko Kusworo menyampaikan bahwa krisis bencana kemanusiaan juga mengancam dunia pendidikan, di samping krisis kesehatan. Dibutuhkan formulasi dan langkah, untuk menyelesaikan persoalan degradasi mutu pendidikan untuk anak sekolah.

"Kita tidak bisa tinggal diam begitu saja, sementara tidak ada jaminan kapan pandemik Covid ini berakhir, sedangkan anak - anak dan orang tua semakin jenuh, karena mereka (orang tua) tidak bisa memberikan pembelajaran dan pembentukan karakter sebagaimana yang dilakukan oleh Guru di sekolah, akibatnya dunia pendidikan kita, tidak hanya mengancam kesehatan namun juga bisa  mengalami bencana kemanusiaan, dan ini bisa berbahaya," tandasnya.

Dukungan yang sama juga diberikan oleh Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Blora, Mas Sugiarto, agar pembelajaran tatap muka bisa segera dilaksanakan di Blora, karena sebelumnya telah dilakukan uji coba pembelajaran tatap muka.

Komisi D Mendukung

Di saat yang sama, Sekretaris Komisi D DPRD Kabupaten Blora, yang membidangi pendidikan dan kesehatan, Achlif Nugroho Widhi Utomo, yang hadir mewakili Ketua Komisi D, Ahmad Labib Hilmi, juga menyatakan persetujuannya untuk diselenggarakan pembelajaran tatap muka, seminggu sekali atau dua kali. 

"Hal itu, disebabkan saat dilaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka sebulan, protokol kesehatan benar - benar terlaksana dengan baik, dan hasilnya tidak ditemukan Klaster baru Covid 19, dari anak - anak, maupun Guru, justru mereka lebih aman dan terjamin di sekolah, daripada tetap di rumah, namun pengawasannya kurang dari orang tua," ungkapnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Hendy Purnomo pun mengamini, bahwa sebenarnya sekolah - sekolah telah siap untuk menjalankan pembelajaran tatap muka, dan telah sukses diujicoba. 

"Akan tetapi kembali terkendala dengan munculnya Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah, untuk membuka pembelajaran tatap muka, kita harus menunda kembali," ungkapnya kepada Monitor Ekonomi. (Rome)


Posting Komentar

0 Komentar