Komsos Babinsa Randublatung Bahas Hama Tikus Dengan Petani

Babinsa Desa Sumberejo, Koramil Randublatung, Serka Saiman melakukan komsos untuk mendengar keluhan masyarakat

Fungsi Komsos Babinsa

Blora, ME – Mengingat begitu pentingnya fungsi komunikasi sosial (komsos), salah satunya adalah untuk menunjang pelaksanaan Fungsi Teritorial dalam upaya membangun kesadaran pertahanan aspek darat, maka dari itu Tugas pokok seorang Babinsa harus selalu berinteraksi dengan segala komponen masyarakat.

Begitu juga yang dilakukan personel Koramil 09/Randublatung Kodim 0721/Blora, Serka Saimin saat melaksanakan komsos dengan petani di Dusun Ngadirojo, Desa Sumberejo Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Sabtu (30/01/2021).

"Kegiatan ini untuk selalu bisa dekat dengan rakyat karena TNI lahir dan besar bersama rakyat, tugas Babinsa untuk selalu dekat dengan rakyat, melalui pembinaan-pembinaan dengan cara persuasif, dengarkan keluhan dan masukan mereka, bantu apa yang bisa dibantu pada warga, jaga selalu hubungan yang harmonis hingga terjalin komunikasi yang baik", ungkap Serka Saimin, Babinsa Desa Sumberejo.

Keluhkan Hama Tikus

Dalam Komsos tersebut, petani mengeluhkan tanaman padinya yang rusak akibat diserang hama tikus. Para petani menyampaikan, bahwa hama tikus untuk saat ini adalah musuh nomor satu bagi petani.

"Dibanding hama lainya baik wereng maupun slundep, walang sangit dan lain sebagaianya, karena hama tikus sekali menyerang batang tanaman padi yang mulai berisi secara total, otomatis batang padi akan mati dan puncaknya menyerang padi yang akan memasuki masa panen." ungkap Amin, Petani setempat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Babinsa Serka Saimin menyarankan untuk membasmi hama tikus, bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan cara diracun.

Kegiatan pengendalian hama tikus ini sangat penting, karena tikus ini termasuk hewan yang selalu bermigrasi dari satu tempat ketempat yang lain, untuk itu adanya pengendalian hama tikus diharapkan hasil panen di musim tanam mendatang hasilnya akan lebih baik.

 “Mudah-mudahan dengan gerakan pengendalian tikus bersama, akan dapat membasmi tikus agar tidak menyerang persemaian tanaman padi,” harapnya. (Penramil/me).

Posting Komentar

0 Komentar