IKLAN




 

Kamituwa Rofan "Perangkat Desa Harus Aktif Dan Inovatif"

Rumah Kamituwo Rofan digelar workshop seni lukis untuk anak - anak Pengkoljagong sebagai upaya memajukan Desa

Gelar Workshop Melukis

BLORA, ME - Selasa 22 Desember 2020, Pk 09.30 WIB  bertempat di Dusun Jagong, Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati, Kabupaten Blora. Ketua Komunitas Sedulur Art, Perupa Agus Suryanto membuat kegiatan workshop melukis wayang, Guna menunjang Acara Festival Bambangan Cakil 2020, yang diikuti oleh anak - anak dusun setempat.

Nampak antusias anak - anak remaja yang semula hanya sekedar menonton, para perupa dari Blora melukis di teras rumah milik Rofan Mualim, Kamitua, dusun Jagong. Di teras rumah ukuran 60m x 80 m itu, kini disulap menjadi ruang teras publik untuk kegiatan edukasi seni. 

Difasilitasi Perangkat Desa

Kamitua Rofan, merasa senang bisa memberi ruang untuk kegiatan yang positif untuk warganya. Yang orientasinya bisa memberikan kontribusi dusunnya menjadi lebih maju dan berkembang. Pak Wo Rofan panggilan  akrab di Desa, dan sangat akrab dengan teman - teman perupa, yang mampir atau sekedar singgah. 

"Untuk ajang silaturahmi ataupun tempat sharing, membuat ide gagasan dan inovasi, untuk kemajuan desa Jagong dan sekitarnya. Bisa jadi berawal dari sebuah kreatifitas ini akan lahir perubahan - perubahan dan inovasi yang lebih maju dan membangun, Perangkat Desa harus ikut berperan aktif" ujarnya. 

Wujudkan Desa Maju

Memang dibutuhkan sebuah pemahaman antara Perangkat Dusun maupun warga Desa, untuk memfasilitasi para pemikir maupun kreator. Untuk tetap dapat berkarya dan memgembangkan ide - ide atau gagasan. Demi mewujudkan Desa lebih maju dan berkembang.

"Meski acara festival cukup padat, namun himbauan pelaksanaan protokol kesehatan, tetap dijalankan dan selalu diingatkan terus, berulang - ulang, kepada seluruh partisipan dan penonton," ungkap Pak Wo Rofan kembali.

Gubernur Ikut Pantau

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo pun menaruh perhatian pada Festival Bambangan Cakil Pengkoljagong.  Selain itu juga aktif mengingatkan anjuran protokol kesehatan. selama pandemi.

Melalui live streaming channel Pengkoljagung, Festival Bambangan Cakil dapat dipantau, mulai dari saat acara pelaksanaan, hingga usai acara pementasan, yang dibatasi hanya 4 peserta, tiap peserta diberi durasi 15 menit, dengan tujuan agar acara tidak sampai larut malam. 

Setelah sukses event Mural Pengkol Jagong Agustus 2020, kini Pemerintah Desa setempat melanjutkan dengan Festival Tari Bambangan Cakil 2020, yang saat ini sudah memasuki  hari ke - 3. Sejak dimulainya hari senin tgl 21/12/2020. Meski pandemi Covid 19 masih merebak. (Yok/me)


Posting Komentar

0 Komentar