Gus Tutut Dilantik Menteri Agama


Gus Tutut Menteri

Blora, ME - Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut resmi  dilantik menjadi Menteri Agama oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Rabu (23/12). Keluarga besarnya di Rembang, Jawa tengah mengaku bangga. 

Ditemui di rumahnya di Kelurahan Leteh, Adik kandung Gus Yaqut, Mohammad Hanies Cholil Barro" sempat tidak percaya kakaknya diangkat menjadi Menteri Agama baru menggantikan posisi Fachrul Razi. Sebab, kalanya yang juga menjabat Ketua Umum PP GP Anshor itu tidak pernah cerita kepada keluarga. 

"Sempat kaget dan tidak percaya juga. Karena beliau tidak pernah cerita. Hanya saat sebelum Pilkada 2020 lalu sempat bilang kalau akan ada kejutan besar setelah Pilkada," kata Gus Hanies sapaan Mohammad Hanies Cholil Barro', pada Rabu (23/12/2020). 

Yakin Mampu Laksanakan

Gus Hanies yakin kakaknya akan mampu menjalankan dengan baik sebagai Menteri Agama. Iapun berharap kedepan kinerja Kementrian Agama semakin baik dibawah kepemimpinan kakaknya. 

"Secara keilmuwan beliau mumpuni. Semoga dapat bekerja lebih baik dan mentri-mentri sebelumnya," harapnya. 

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju. Total ada enam nama menteri baru. Salah satunya adalah Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut.

Pria kelahiran Rembang, 4 Januari 1975 ini merupakan putra keempat pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Cholil Bisri. Gus Yaqut juga keponakan dari Kyai Kharismatik Mustofa Bisri atau Gus Mus. 

Reshuffle Kabinet

Selain nama.Gus Yaqut, lima Menteri baru lainnya adalah Tri Rismaharini yang didapuk menjadi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari Batubara.

Kemudian Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) menggantikan Wishnutama. Lalu Budi Gunadi Sadikin didapuk menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan dr Terawan.

Nama lainnya adalah Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menggantikan Edhy Prabowo, dan Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Agus Suparmanto. (Meg/me)

Posting Komentar

0 Komentar