Bagikan Masker Di Hari Kesaktian Pancasila


Hari Kesaktian Pancasila

BLORA, ME - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Blora membagi ribuan masker pada kegiatan Pramuka Peduli Covid-19 dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020. 

Sejumlah perwakilan anggota Satuan Karya Pramuka bergabung  dalam kegiatan tersebut. Yaitu  Saka Wira Kartika, Bhakti Husada dan Bhayangkara. Mereka sebelumnya berkumpul di Sanggar Bhakti Pramuka, Jepon untuk menerima arahan dari Ketua Harian Kwarcab Blora, Kak Slamet Pamudji, SH, M.Hum, Kamis (1/10/2020). 

Kak Slamet Pamuji, dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksakanakan merupakan program kerja Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah tentang Pramuka Peduli Covid-19 terkait  peringatan Hari Kesaktian Pancasila. 

“Kemudian yang kedua adalah perintah dari Kamabicab. Yaitu Bapak Bupati Blora. Beliau memerintahkan kepada kita untuk mengadakan suatu kegiatan atau meningkatkan kegiatannya untuk lebih peduli kepada bentuk atau membantu penanganan Covid-19,” terangnya. 

Ikut Penanganan Covid 19

Sebelumnya, dalam hal mendukung percepatan penanganan Covid-19 di kabupaten Blora, Kwarcab Blora sudah ikut melaksanakan aneka kegiatan bersinergi dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, di antaranya membagikan lebih kurag 3.000 masker kepada warga di sejumlah tempat. 

“Kami harapkan adik-adik, ikhlas melaksanakan kegiatan ini. Sebagaimana pesan Kamabida, jadilah teladan menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya. 

Kemudian, manfaatkan momentum Hari Kesaktian Pancasila untuk mewujudkan kontribusi dan  kepedulian anggota Pramuka Jawa Tengah dalam upaya penanggulangan Covid-19. 

“Jadi kegiatan ini dilaksanakan serentak se Jawa Tengah, sebagai aksi nyata anggota Pramuka se Jawa Tengah, termasuk Blora, ambil bagian dalam penanggulangan Covid-19. Sebagaimana tema Hari Pramuka, Terdepan Bergerak Membantu Penanggulangan Covid-19,” jelasnya. 

Bagikan 1500 Masker

Pada kegiatan kali ini, kata Kak Slamet Pamuji, dibagikan 1.500 masker kepada warga yang tidak patuh protokol kesehatan di sejumlah titik lokasi yang ditentukan. Di antaranya, jalan Jepon-Bogorejo, Pasar Jepon dan Blok S desa Seso, Kecamatan Jepon.

“Pramuka Peduli Covid-19 ini mengajak kepada warga masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Jangan lupa, sering cuci tangan pakai sabun, pakai masker dan jaga jarak,” kata Kak Slamet Pamuji.   

Sementara itu Koordinator Pramuka Peduli Covid-19, Sri Nani, mengungkapkan terkait masker yang dibagikan sejatinya mendapatkan bantuan kain dari Kamabida, yaitu Kak Ganjar Pranowo. Kemudian diserahkan kepada Kwarcab se Jawa Tengah, termasuk Kwarcab Blora untuk dibuat masker sejumlah 1.500 buah masker.

“Untuk Kwarcab Blora, kita bekerjasama dengan BLK Blora yaitu dalam proses pembuatan dan menjahit. Jadi proses penjahitan ini dari adik-adik DKC. Sedangkan BLK meminjami mesin jahit,” terangnya. 

Gratis Untuk Masyarakat

Dan akhirnya pada tanggal 23 September 2020, masker sudah jadi sejumlah 1.500 buah. 

“Ini nanti dibagikan kepada masyarakat yang tidak memakai masker. Secara serentak se Jawa Tengah dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila,” tambahnya. 

Salah seorang warga Desa Seso, Amin, mengapresiasi kegiatan Pramuka Peduli Covid-19. Ia mengaku senang dan bangga pada geliat dan semangat adik-adik Pramuka di tengah pandemi Covid-19. 

“Senang dan bangga, Pramuka Blora hebat,” ucapnya. (*Guh)

Posting Komentar

0 Komentar