IKLAN




 

Jalan Gabus-Beran-Kamolan Pemecah Arus Lalu Lintas Ke Pasar Induk

Jalan baru Beran - Kamolan telah dibangun untuk tahap pertama, sebagai upaya pemecahan arus lalu lintas yang padat di ruas jalan Blora - Randublatung, utamanya kawasan Kaliwangan - Gabus (foto: guh)

Pembangunan Jalan Baru

BLORA, ME - Peningkatan jalan Beran-Gabus di kabupaten Blora, Jawa Tengah sudah sudah dimulai dari depan Pasar Rakyat Sido Makmur, Gabus membentang ke timur melewati persawahan. Selanjutnya akan tembus di Kelurahan Beran. Tepatnya di selatan Jembatan Jembar.

Pembangunan jalan Beran - Gabus – Kamolan digadang-gadang menjadi pemecah lalu lintas pengendara dari dan ke Pasar Induk Blora. Sebab, ketika pagi, lalu lintas di sekitar pasar seringkali menimbulkan kemacetan. 

Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Wilayah I pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Blora, Yanto mewakili Kepala DPUPR Sam Gautama Karnajaya, mengungkapkan, pembangunan jalan itu  nantinya bisa menjadi alternatif pengendara yang ingin mengakses pasar. 

”Selama ini Kaliwangan menuju Kamolan macet. Nantinya dialihkan ke situ sebagian. Untuk pembagian lalu lintas. Di samping itu juga untuk memperpendek jalan ruas jalan menuju pasar,” terangnya, di Blora, baru-bari ini. 

Tahap Pertama Perkerasan

Untuk sementara,  menurut  Yanto, jalan tersebut menggunakan batu grosok. Namun, ke depan rencananya jalan yang di ujungnya juga dibangun jembatan itu akan dibeton. Apalagi, berdasarkan masterplan yang masih dalam proses, jalan tersebut juga menjadi akses stadion baru nantinya. 

”Nanti masih ada pemeliharaan. Untuk sementara masih grosok. Nanti ke depan, mungkin 2022 akan dibeton. Masterplannya belum selesai,” tambah dia. 

Meurutnya progress pembangunan jalan tersebut sudah mencapai 65 persen. Berdasarkan papan informasi yang tertera, jalan sepanjang 1,6 kilometer dan lebar 12 meter tersebut menelan biaya sebesar Rp 4,6 milyar. 

Proyek yang dimulai pada 14 Juli lalu itu ditargetkan selesai pada 20 November 2020 mendatang. Adapun penyedia jasa proyek yakni PT Alfita Teknik. (*)


Posting Komentar

0 Komentar