IKLAN




 

PENGKOLJAGONG MURAL FESTIVAL 2020 RESMI DIMULAI

Mewakili Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora, Kabid Pariwisata, Wahyu Tri Mulyani menyemprotkan cat untuk meresmikan dimulainya Pengkoljagong Mural Festival 2020, di Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Blora


Pengkoljagong Mural Festival

BLORA, ME - Pengkoljagong Mural Festival 2020 resmi dimulai hari ini, Kamis (20/08/2020). Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Slamet Pamudji melalui Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Wahyu Tri Mulyani dengan simbolis menyemprotkan cat semprot pada bidang mural yang telah disediakan.

Dalam kesempatan itu, Wahyu menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Pihaknya berharap, Pengkoljagong Mural Festival 2020 dapat menjadi tonggak awal menjadikan Desa Pengkoljagong menjadi Desa Wisata.

“Memang harus demikian, di setiap desa harus ada orang-orang yang berani mengambil resiko, dengan melakukan berbagai inovasi. Seperti yang dicontohkan Pak Kades Pengkoljagong. Setelah acara ini usai, kita akan melihat dinding-dinding bangunan di Desa Pengkoljagong menjadi penuh warna dan semakin indah,” harapnya saat membuka Pengkoljagong Mural Festival 2020 di Pendopo Balaidesa Kridha Manggala, Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati Kabupaten Blora pagi tadi.

Peringatan HUT RI Ke - 75

Sebagai informasi, Pengkoljagong Mural Festival 2020 digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke- 75, sekaligus sebagai sarana sosialisasi Peraturan Desa (Perdes) Pengkoljagong nomor 06 tahun 2020 tentang Lingkungan Hidup.

Kepala Desa Pengkoljagong, Sugiyono menegaskan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan hidup di desanya. Selain itu, pihaknya berharap dengan hadirnya para seniman mural dari berbagai kota se-Indonesia itu dapat menjadi mitra sosialisasi pentingnya pelestarian lingkungan. Sehingga diharapkan para seniman tersebut dapat mengekspresikan pentingnya pelestarian lingkungan Dalam serial karyanya, seperti melalui kreasi mural.

“Kepada rekan-rekan seniman, mohon bantu kami menyampaikan hal ini. Dewasa ini, banyak burung-burung yang diburu. Melalui Perdes ini kita berharap semangat penyelamatan lingkungan dapat menjadi semangat kita bersama. Semangat ini mohon njenengan ekspresikan dalam seni mural,” pintanya.

Diikuti Perupa Kondang

Pengkoljagong Mural Festival 2020 diikuti sejumlah perupa kondang, diantaranya Usye (Blora), Remon Tattoo (Rembang), Ghaust (Karawang), dan sejumlah seniman tenar lainnya. Pembukaan acara ini juga dihadiri anggota Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sulistyorini, anggota Komisi B DPRD Provinsi Jateng, Prayogo Nugroho, dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Gartini.

Hadir pula, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Blora MA Faishol, Ketua Komisi B DPRD Blora, Yuyus Waluyo, dan Ketua Karang Taruna Kabupaten Blora, Achlif Nugroho Widi Utomo yang juga merupakan anggota Komisi D DPRD Blora.

Dalam kesempatan memberi sambutan, Achlif mengapresiasi terselenggaranya acara yang dimotori anak-anak muda Desa Pengkoljagong tersebut. Pihaknya menyebutkan, dalam masa pandemi seperti sekarang ini memang tak mudah untuk menyelenggarakan kegiatan luar ruangan. Namun, dengan mematuhi protokol pencegahan Covid-19, para pemuda di Desa Pengkoljagong mampu menyelenggarakan acara ini dengan aman.

“Karang Taruna di desa harus tetap mampu menjadi motor penggerak. Sejauh dalam kegiatan ini tetap mematuhi protokol, saya optimis ini akan maksimal. Kita support kegiatan-kegiatan positif seperti ini,” tegasnya.

Tonggak Desa Wisata

Sementara itu, anggota parlemen muda Kabupaten Blora, MA Faishol, dari PPP menilai langkah yang diambil para pemuda yang didukung Pemdes Pengkoljagong tersebut merupakan gebrakan baru. Menurutnya, ada dua hal yang dapat diakomodir melalui kegiatan ini. 

“Yang pertama, ini merupakan tonggak awal menuju Desa Wisata. Kedua, komitmen menjaga kelestarian lingkungan. Dan dua hal ini juga dijamin melalui Perdes Lingkungan Hidup yang telah disahkan. Saya mengapresiasi, saya mendukung acara ini,” ujarnya. 

Pembukaan acara Pengkoljagong Mural Festival 2020 diakhiri dengan pelepasan 50 burung perkutut oleh Kades Pengkoljagong bersama dengan para undangan dan peserta. Para pejabat Forkompimcam Jati yang hadir juga berkesempatan melepaskan burung-burung tersebut ke alam bebas. (Tim PPMF 2020)




Posting Komentar

0 Komentar