IKLAN




 

KAMPUNG PELANGI

Lukisan Ulama Besar sekaligus Pendiri Nahdhatul Ulama (NU), Hadratus Syeikh Kyai Haji Hasyim Asy'ari menjadi obyek foto saat anda berkunjung ke Kampung Pelangi, Desa Bangsri, Kecamatan Jepon (SBS)

Oleh : Santoso Budi Susetyo

Bismillahirrahmanirrahim

Kunjungi Kampung Pelangi
Hidangan jajanan unik, krupuk sambel ikut menghangatkan perbincangan di warung bersama kades yang masih muda ini. Sesekali terdengar canda dengan warga mengisyaratkan keakraban juga kedekatan antara warga dengan pemimpinnya. Awalnya pertemuan dengan beliau, tidak begitu saya prioritaskan, karena tujuan utama hanya ingin melihat dan menggali informasi tentang kampung pelangi ini.

Postingan foto-foto teman di facebook dengan background rumah dicat warna-warni serta gambar mural memantik rasa penasaran, sehingga mendorong saya sampai di sini. Tidak membayangkan sebelumnya, ternyata di kampung ini memang sengaja di desain, agar menjadi tempat yang menarik bagi orang yang mencari hiburan. 

Selamat Datang di Kampung Pelangi, Destinasi Desa Wisata di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, Blora

Gambar Mural Rumah
Selain keindahan warna serta gambar mural di rumah-rumah penduduk juga berbagai ornamen dan hiasan dipinggir jalan, terlihat meski masih tahap berbenah, di beberapa tempat disediakan tempat istirahat dan bersantai dengan tetap menonjolkan paduan warna dan gambar yang indah menarik perhatian. Di sebuah area yang dibuat dengan cita rasa anak muda , terlihat banyak remaja sedang bercengkerama sambil berfoto ria.

Setelah "observasi"  cukup memadai, saya coba menelepon kepala desa minta waktu untuk ketemu. Pucuk dicinta ulam pun tiba. Beliau ternyata berada di lokasi tidak jauh dari saya. Rupanya sedang memantau kegiatan untuk mempercantik kampung ini.

Seperti saya duga sebelumnya, pak Kades yang hobi balap motor ini,  menyampaikan bahwa kampung pelangi ini adalah bagian komitmen beliau, untuk memberdayakan BUMDes yang baru-baru ini diarahkan oleh Kemendes, agar Dana Desanya bisa dialokasikan untuk mewujudkan kampung wisata. Selain bertujuan untuk meningkatkan pendapatan asli desa, sejatinya yang lebih utama dan menjadi prioritas, adalah mewujudkan kesejahteraan ekonomi warganya. 

Anggota DPRD Blora, Santoso Budi Susetyo ngobrol santai dengan Kades Bangsri, Laga Kusuma pencetus Kampung Pelangi

Dampak Ekonomi Warga
Rupanya dampak positif ekonomi keberadaan kampung pelangi ini mulai dirasakan. Selama dua minggu dibuka, sudah ribuan pengunjung datang. Selain Karang Taruna bisa mengelola pemasukan tiket dan parkir juga mendorong warga untuk membuka warung. Sedikitnya ada delapan warung baru yang dibuka.

Ada beberapa konsep dan fasilitas hiburan, yang sudah direncanakan untuk meningkatkan daya tarik kampung ini. Diantaranya akan dibuat pasar aneka jajanan tradisional, juga sirkuit sepeda motor juga sepeda gunung. Saat ini sedang proses pembuatan kolam renang yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Pertama Di Blora
Kampung Pelangi ini merupakan pilihan yang out of the box, belum ada di Kabupaten Blora selain di Desa Bangsri, Kecamatan Jepon ini. Sikap optimis terlihat jelas  berbanding lurus dengan kekuatan visi pak kades yang mempunyai bengkel mobil ini. 

Dukungan warga dan kekompakan perangkat desa menjadi modal utama untuk kelancaran program kegiatan yang sudah menjadi kesepakatan bersama. Semestinya Pemerintah Daerah responsif,  dengan segera memberikan support kepada  Pemerintah Desa, agar masyarakat  benar-benar bisa merasakan manfaat dari program pemerintah. Terutama kepada Pemerintahan Desa yang langkahnya, sudah jelas dan nyata berpihak kepada warga masyarakat. 

Alhamdulillah

Posting Komentar

0 Komentar