IKLAN




 

MoU Bengkel Tefa - BUMD Blora, Siap Layani Servis Mobil Dinas

Berkat kerjasama antara Bengkel Tefa IANISBA dan PD Wira Usaha, beberapa mobil dinas bisa menjadi pangsa pasar untuk jasa perawatan kendaraan dinas dari seluruh instansi yang ada di Kabupaten Blora, dengan biaya yang bersaing kompetitif (Rome)

"Unit usaha milik SMKN 1 Blora di bidang perbengkelan, siap melayani servis berat maupun ringan, setelah penandatanganan Memorandum of Understanding atau MoU, dengan BUMD Wira Usaha, milik Pemkab Blora."

HUT SMKN 1 Blora
BLORA, ME - Bertepatan dengan Peringatan HUT Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Blora atau yang lebih dikenal dengan Sekolah Teknik Menengah (STM), yang ke - 35 tahun, Lustrum ke -7, dimeriahkan dengan pameran 39 uji coba hasil penelitian siswa siswi dari masing - masing Jurusan. Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Blora, Bambang Winarso mengungkapkan kegembiraannya bisa kembali ke sekolah yang pernah diinisiasinya pertama kali.

"Saya merasa mendapatkan kehormatan, bisa kembali ke sekolah yang pertama kali pendiriannya, saya ikut terlibat di dalamnya, kemudian menjelang masa pensiun saya, ditugasi oleh Pak Gubernur Ganjar, untuk kembali ke SMKN 1 Blora, sebagai Kepala Sekolah, untuk ndandani SMKN 1 Blora, agar kembali berjaya seperti dulu, makanya di HUT yang ke - 35 ini, saya ingin memberikan yang terbaik untuk sekolah ini, yaitu menyiapkan tenaga - tenaga yang terampil dan mampu bersaing, di era revolusi industri 4.0 ini," ujarnya.
Karya teknologi dari siswa siswi Jurusan Teknik Elektro ini diharapkan bisa dikembangkan lebih luas lagi oleh Pemkab Blora

Pameran Teknologi
Dalam acara peringatan tersebut, juga dilaksanakan pameran teknologi tepat guna, dari hasil penelitian dari siswa - siswi SMKN 1 Blora. Sebanyak 39 jenis penelitian teknik ditampilkan, dari jurusan teknik elektro, yang membuat beberapa karya teknologi tepat guna.

Salah satunya adalah Palang Pintu Kereta Api yang menggunakan tenaga sensor ultrasonik sebagai penggerak palang pintu. Yang mana dalam operasionalnya bisa membuka dan menutup otomatis, berkat sensor ultrasonik.

"Pintu ini akan menutup manakala pergerakan kereta terbaca oleh sensor ultrasonik, yang datang ke satu titik perlintasan sebidang, sebelum sampai ke titik tersebut, pintu telah tertutup otomatis, dan akan membuka setelah gerbong terakhir dari kereta api tersebut berjalan" ungkap Dewi, Siswi Jurusan Teknik Elektro, SMKN 1 Blora, sebuah karya yang hebat dan layak dikembangkan, menjadi produk industri, untuk memenuhi standard pelayanan kesehatan dan keselamatan warga di perlintasan sebidang, yang masih minim, terutama di Desa - Desa yang dilalui jalur kereta api.

Kepala SMKN 1 Blora
Dirut PD Wira Usaha Blora (kiri)
Bengkel Mobil Tefa
Disamping pameran teknologi siswa, Kepala SMKN 1 Blora, juga meresmikan operasional unit usaha jasa perbengkelan. Menurut Kepala SMKN 1 Blora, Bambang Wiharto menyampaikan terkait unit usaha bengkel mobil, sebagai sarana bisnis jasa dan sekaligus tempat praktek kerja lapangan untuk siswa - siswinya.

"Bengkel tersebut adalah aset SMKN 1 Blora, yang pengelolaannya kami bermitra dengan Ikatan Alumni SMKN 1 Blora yang disingkat IANISBA, yang diberi nama bengkel Tefa, dan kebetulan bengkel itu juga telah membangun kesepakatan dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Wira Usaha, kami memiliki aset peralatan dan SDMnya, BUMD akan bertugas mencari pasarnya, yaitu kendaraan dinas maupun pribadi." paparnya kembali.

Kerjasama itu diakui oleh Direktur Utama PT Wira Usaha, yang berkantor di gedung Samin Surosentiko, Kompleks Kantor Pemerintah Kabupaten Blora. Yanti dalam keterangannya kepada Monitor Ekonomi. Menyampaikan telah melakukan kerjasama operasional dengan bengkel Tefa.

"BUMD Wira Usaha, telah melakukan kerjasama operasional dengan bengkel Tefa tersebut, sementara memang belum ada penyertaan modal, kami akan mencarikan pangsa pasarnya, untuk pelayanan perbengkelan dari Tefa, harapan kami, kerjasama ini bisa berjalan dengan baik, dan mampu menghasilkan PAD bagi Blora, dari pelayanan jasa ini," ungkapnya.

Pelayanan Siap Jalan
Pujianto

Saat media kesayangan anda Monitor Ekonomi, datang ke Bengkel Tefa tersebut, tampak beberapa mobil plat merah, yang berarti adalah kendaraan dinas, akan diservis di Bengkel Tefa. Menurut Koordibator Bengkel Tefa IANISBA, Pujianto, menyampaikan bahwa bengkel Tefa siap melayani segala jenis servis mobil.

"Peralatan kami sudah lengkap, untuk spooring balancing, ganti oli, tune up, elektris dan segala pelayanan standar lainnya, kami sudah siap, bersama 14 karyawan kami, dengan skill yang berbeda - beda, disini kami juga menyiapkan tenaga kerja yang unggul, kompetitif dan profesional, bila mereka akan mengembangkan di daerah mana, atau ingin mandiri, tidak masalah, justru itulah tujuan kami, mencetak para pelaku usaha mandiri di bidang jasa perbengkelan, dan kami juga telah menjalin MOU dengan PD Wira Usaha, mereka sebagai pangsa pasarnya, kami memiliki sarana dan prasarananya, mudah - mudahan bisa berjalan dengan baik," ujarnya. (Rome)



Posting Komentar

0 Komentar