IKLAN




 

Achlif : "Saatnya Pemuda Tidak Hanya Jadi Tukang Maido!"

Bulan Bhakti Karang Taruna di Kampung Duren Dukuh Nglawungan, Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora, upaya mendorong pemuda Karang Taruna untuk kembangkan ekonomi Desa (Rome)

"Bulan Bakti Karang Taruna adalah salah satu kegiatan yang digelar untuk menunjukkan eksistensi, sekaligus ajang penyerapan aspirasi para pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna, agar lebih berdaya, potensial dan berdaya saing tinggi,"

Bulan Bakti Karang Taruna
BLORA, ME - Ketua Pengurus Karang Taruna Kabupaten Blora, Achlif Nugroho Widhi Utomo, M.Kom, mengungkapkan maksud dan tujuan daripada kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna, yang diselenggarakan di Kampung Durian, Dukuh Nglawungan, Desa Tunjungan, Blora, pada hari Selasa (24/12/2019).
"Bulan Bakti Karang Taruna adalah salah satu kegiatan yang digelar untuk menunjukkan eksistensi, sekaligus ajang penyerapan aspirasi para pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna, agar lebih berdaya, potensial dan mampu bersaing secara positif, bukan hanya sebagai organisasi "Laden" saja, namun mampu membangun perekonomian dan berkontribusi untuk pembangunan Desanya masing - masing," paparnya kepada media, disela - sela acara pengundian hadiah Jalan Sehat, yang dilaksanakan organisasi sosial yang dipimpinnya ini.
"Saya sangat mengapresiasi peran aktif Forum Pemuda Desa Tunjungan, yang juga sekaligus Karang Taruna Desa Tunjungan, dalam menggali potensi wisata Desanya yang berbasis alam dan perkebunan, seperti di Kampung Durian ini, untuk meningkatkan perekonomian Desanya, ini harus dikembangkan ke Desa - Desa yang lain, Karang Taruna Kabupaten akan turun ke bawah, untuk mendata lembaga Karang Taruna di Desa," imbuhnya.

Support Anggaran Desa
Saat dikonfirmasi terkait sinergitas Karang Taruna dengan Pemerintah, baik Kabupaten, Kecamatan hingga Desa. Dan kemungkinan mendapatkan anggaran untuk mendukung kegiatan Karang Taruna tersebut, Anggota Komisi D, DPRD Blora dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menjelaskan sangat dimungkinkan dan bisa mendapatkannya.
"Dalam sarasehan tadi malam di sini (Senin, 23/12/2019.red), kami mendapatkan usulan untuk mendapatkan anggaran dari Pemerintah di Kabupaten, Kecamatan atau Desa, untuk mendukung peningkatan kapasitas, pelatihan untuk Karang Taruna, termasuk permodalan, bagi potensi ekonomi yang ada di Desa, tentunya dengan melihat prospeknya, seperti pengelolaan Pantai Karangjahe Rembang yang dikelola oleh Karang Taruna, mampu memberikan PAD Desa hingga sebesar Rp. 1,5 Milyar, sudah pasti Desa akan memberikan anggaran untuk pengembangannya, dan kami dari Komisi D, siap memfasilitasi dan mendukung Karang Taruna, apa saja yang dibutuhkan kami siap," paparnya kembali, kepada Monitor Ekonomi.

APDESI Dukung Anggaran
Di saat yang sama, Ketua Paguyuban Kepala Desa, Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Praja APDESI) Kabupaten Blora, Agung Heri Susanto, juga mendukung untuk penganggaran kegiatan Karang Taruna Desa.
"Kami siap menganggarkan, melalui program peningkatan kapasitas Lembaga Desa, untuk studi banding atau pelatihan, dari sumber pendapatan bagi hasil pajak Desa, monggo Pak Kades segera menganggarkan, untuk Karang Taruna, sampai tanggal 31 Desember 2019, tanggal akhir penetapan perencanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDes) untuk tahun anggaran 2020 nanti," ungkap Kepala Desa Sidorejo. Kecamatan Kedungtuban ini. Sebelumnya, Wakil Bupati Blora, juga menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna di Kampung Durian, Dukuh Nglawungan, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan ini.
"Saya sangat mendukung kegiatan pemberdayaan pemuda seperti Karang Taruna, untuk mencetak agen - agen perubahan dan pejuang - pejuang pembangunan Daerah, untuk mewujudkan Blora yang lebih sejahtera, semoga Karang Taruna bisa berperan aktif untuk menanggulangi kemiskinan di Desa masing -masing," tandasnya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0721/Blora, Letkol Inf Ali Mahmudi, SE, Kapolres Blora yang diwakili oleh Wakapolres, Kompol. Drs. Muhammad Samdani, MH, Kepala Dinas Sosial Dan Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Dan Anak (Dinsos P3A) Blora, Endang Purwaningsih, seluruh Anggota Komisi D DPRD Blora, Camat, Kepala Desa dan Perwakilan Pengurus Karang Taruna Desa se - Kabupaten Blora. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar