80 Tutor Di Bintek Pengembangan Kurikulum Dan Kompetensi

Bintek 80 Tutor
Blora, ME - Delapan puluh tutor mengikuti Bimbingan Teknis Pengembangan Kurikulum dan Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Kesetaraan di Aula B Dinas Pendidikan Kabupaten Blora (17-18/09/2019). Bintek ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Blora dengan tujuan pengenalan Kurikulum 2013 (Kurtilas) kepada tutor kesetaraan baik paket A, B maupun paket C. Priyadi, SE, MM selaku Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat (Kasi Dikmas) membuka acara ini dengan memberikan sambutan terkait tujuan diadakannya Bintek yang diselenggarakan dua hari itu.
"Kami menyelenggarakan Bintek ini dalam rangka sosialisasi Kurikulum Tahun 2013 (Kurtilas) bahwa sesuai perintah dari kementrian pendidikan dan kebudayaan, mulai tahun pelajaran 2020 nanti harus diterapkan di Jajaran Pendidikan Non Formal, dalam hal ini Kesetaraan baik paket A, B maupun C", tuturnya.

Sosialisasi Kurikulum 2013
Lebih lanjut, Priyadi menjelaskan bahwa pembelajaran ini harus segera diberikan oleh tutor kepada warga belajarnya.

"Tahun depan, kurtilas ini harus diterapkan kepada warga belajar di masing-masing lembaga, baik di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) maupun Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Paket A adalah kelas 6, Kelas 7 bagi paket B dan Kelas 9 bagi Paket C", jelasnya.
Sementara itu, Yatni, S.Pd, M.MPd selaku narasumber dalam bintek member
ikan materi selama dua hari terkait pengembangan model pembelajaran yang ada dalam kurikulum tahun 2013 (Kurtilas).

"Ini karena hal baru, artinya Pendidikan Kesetaraan yang dulunya menggunakan kurikulum lama (KTSP), karena kami bertanggung jawab untuk mensosialisasikan kurikulum 2013. Harapannya pola pikir pelaksanaan penyelenggaraan berkaitan dengan prosedural ajaran di jenjang paket / Kesetaraan harus menggunakan kurikulum 2013, mulai  pengelolaan sampai pelaksanaan pembelajaran, dari penyelenggara  sampai warga belajarnya",tuturnya.

Yatni mengungkapkan bahwa Kurtilas akan dilaksanakan serentak tahun depan tidak terkecuali  dengan di Blora. "Kami juga berharap bahwa setelah pelaksanaan Bintek selama dua hari ini, para tutor langsung menindaklanjuti agar segera didiskusikan terkait kesiapan pembelajaran dengan menggunakan Kurtilas tahun depan.(Pram/Red)

Posting Komentar

0 Komentar