IKLAN




 

Indahnya Tarian Nusantara Untuk Persatuan Indonesia

Sang Merah Putih berkibar di angkasa yang biru
Upacara Pengibaran Bendera
Blora, ME - Bertempat di Alon - Alon Blora, Upacara Pengibaran Bendera Sang Merah Putih dan Detik - Detik Proklamasi. Bertindak sebagai Komandan Upacara, AKP. Sutarjo, SH, M.Si, Kasat Sabhara Polres Blora, Perwira Upacara, Kompol. Kelik Budiantara, SS, MSi, Kepala Bagian Perencanaan Polres Blora, dan selaku Inspektur Upacara, Drs. H. Djoko Nugroho, Bupati Blora. Usai laporan bahwa pasukan telah siap melaksanakan upacara, oleh Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, Pasukan Pengibar Bendera ( Paskibra ) yang dipimpin oleh Komandan Paskibra, Ipda, Suhari. yang jabatan sehari - harinya adalah Kanit 2, Satreskrim Polres Blora. Segera memimpin pengibaran bendera Sang Merah Putih.

Paskibra sukses bertugas
Barisan Paskibra datang dari arah barat, kemudian memasuki lapangan upacara, dilanjutkan pengibaran bendera Sang Merah Putih, suasana sepi, hanya terdengar bunyi derap sepatu dari pasukan pengibar bendera, seluruhnya berjalan dengan khidmat dan lancar, mengantarkan Sang Merah Putih berkibar dengan gagah di angkasa. Seluruh peserta upacara berdiri dengan sikap sempurna, menghormat bendera, diiringi lagu Kebangsaan " Indonesia Raya " ciptaan WR Soepratman, dari pasukan Marching Band TNI - Polri. Dilanjutkan mengheningkan cipta.
"Untuk mengenang dan mendoakan arwah para pejuang dan pahlawan kita, hening cipta, mulai!" ujar Inspektur Upacara menginstruksikan kepada seluruh peserta upacara, diiringi pasukan Marching Band.

Apresiasi Bupati Blora
Setelah rangkaian Upacara Pengibaran Bendera dan Detik - Detik Proklamasi berjalan dengan lancar dan khidmat, sehingga Bupati Blora mengapresiasi pelaksanaannya.

" Upacara hari ini berlangsung dengan sangat sangat khidmat, terima kasih untuk semuanya," ujarnya kepada seluruh peserta upacara, dan disambut tepuk tangan oleh mereka. Berikutnya, setelah ditutup doa, Komandan Upacara melaporkan bahwa Upacara telah selesai dilaksanakan kepada Inspektur Upacara. " Pasukan dibubarkan!" perintah Inspektur Upacara kepada Komandan Upacara.

Keberagaman Budaya dan Seni Daerah ditampilkan
dalam Upacara Peringatan Detik - Detik Proklamasi
Ke - 74 Republik Indonesia
Tampilkan Tarian Daerah
Acara selanjutnya adalah penampilan tari - tari Daerah oleh siswa dan siswi SMP dan SD dari beberapa sekolah yaitu, SMP 1 Randublatung, SMP 1 Cepu, SMP 2 Blora, SMP 1 Blora, dan SMP 5 Blora, serta siswa siswi SD yang menampilkan tari topeng Pujangganong. Tarian dari berbagai daerah yaitu, Sumatera Barat, Betawi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Tari dari Papua, dan ditutup dengan nyanyian karya musisi legendaris Indonesia, Gombloh yang berjudul " Kebyar - kebyar," sambil menyibakkan benders kecil oleh seluruh penari, diakhiri dengan pembentangan kain merah putih yang disatukan menjadi bendera Sang Merah Putih.

" Sungguh mengharukan, dan membuat kami bangga akan kepiawaian mereka menari Daerah, Budaya kita sendiri tetap terus dipertahankan dan dilestarikan oleh anak - anak kita, generasi penerus Bangsa," ungkap salah seorang guru pendamping. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar