Produk Kerajinan dan Seni Barongan Blora Tampil di TMII

JAKARTA, ME - Aneka produk kerajinan dan makanan oleh-oleh khas Blora serta pertunjukan seni barongan Blora dipamerkan dan digelar di anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Agenda itu menjadi sisi pembeda dalam mempromosikan potensi berbasis kearifan lokal melalui acara di Anjungan Jawa Tengah TMII tahun 2019.

Persiapan dilakukan setelah Tim Kabupaten Blora tiba di Anjungan Jateng TMII.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) H. Slamet Pamuji melalui Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar, Heksa Wismaningsih dan Kepala Seksi Promosi dan Informasi Pariwisata, Yeti Romdonah, menyampaikan pada tahun ini Kabupaten Blora memamerkan dan mempromosikan hasil kerajinan serta produk dari sejumlah destinasi wisata Blora.

Yaitu, batik, keramik Balong, handycraft, makanan oleh-oleh khas Blora dan aneka produk makanan dan minuman berbahan kelor.

“Kami sudah siapkan untuk pameran dan mempromosikan produk kerajinan dan kearifan lokal dari sejumlah desa wisata di Blora di stand produku unggulan Anjungan Jawa Tengah TMII Jakarta,” katanya, di Blora, Jumat (26/7/2019).

Harapannya, ini akan menjadi daya tarik bagi warga Blora yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya sehingga kalau ada waktu atau saat pulang kampung bisa datang mengunjungi ke perajin langsung dan tahu tentang potensi Blora.

“Kepada saudara warga Blora yang tinggal di wilayah JABODETABEK, silahkan datang ke Anjungan Jawa Tengah TMII, Sabtu 27 Juli 2019, pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai,” ujarnya.

Sementara itu, kelompok seni barongan Blora, Risang Guntur Seto (RGS) pimpinan Adi Wibowo akan menampilkan cerita Kekukuhan Gembong Amijoyo dalam reportoar panggung pertunjukan.

“Menceritakan kegigihan Gembong Amijoyo dalam memegang prinsip hidupnya sebagai penjaga alas (hutan) Jati Wengker beserta kekayaan alamnya, yang konon adalah Kabupaten Blora. Melibatkan 40 orang pemain,” jelasnya.

Cerita seni barongan berjudul Kukuh Sang Amijoyo ditampilkan di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Agenda rutin setiap tahun itu diprediksi menjadi daya tarik dan pemikat seni budaya Kabupaten Blora sekaligus menjadi momen mempererat tali silaturahmi warga masyarakat Blora yang tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Selain Dinporabudpar, pameran di stand Anjungan Jawa Tengah TMII juga diikuti dari Kelompok perajin akar jati binaan Dindagkop UKM. Kemudian, makanan lokal juga ditampilkan mengikuti lomba oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Dalam lomba busana pengatin Jawa Tengah berhasil memikat penonton yang diikuti oleh sejumlah kabupaten, Jumat (26/7/2019). Salah satu peserta dari paguyuban warga Blora.(Rls/Red)

Posting Komentar

0 Komentar