Mingun, Korban Kebakaran Dapat Bantuan Bangun Rumah

Foto : Warga bergotong royong mendirikan rumah Mingun korban kebakaran
• Baznas Blora Santuni Warga Korban Kebakaran di Temulus
BLORA, ME - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Blora memberikan santunan kepada Mingun (60) korban kebakaran di Kedungsambi RT. 4, RW. 3, desa Temulus, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Senin (7/8/2019).

Santunan berupa sembakau dan papan kayu senilai Rp 7,5 juta tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Blora, KH. Ali Muchdhor.

KH. Ali Muchdhor, menerangkan bahwa bantuan yang diberikan bukan dalam bentuk uang tunai namun berupa material kayu dan sebagainya untuk kepentingan rehab rumah yang langsung dikerjakan oleh tukang dari Baznas dengan biaya total Rp 7,5 juta.

"Bantuan yang diberikannya tersebut memang merupakan bagian dari program santunan bagi korban bencana dari Baznas Kabupaten Blora," kata KH. Ali Muchdhor saat mengunjungi lokasi kebakaran.

"Kita memang punya program penyaluran santunan khusus bagi warga yang menjadi korban bencana," jelasnya.

KH. Ali Muchdhor menjelaskan, bantuan yang diberikan itu diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mendirikan kembali rumah korban yang telah dilahap si jago merah.
Foto : Ketua Baznas Kabupaten Blora, KH. Ali Muchdhor menyerahkan bantuan sembako kepada Mingun warga korban kebakaran


Bantuan Pemdes
Selain dari Baznas, Pemerintah Desa (Pemdes) Temulus, Kecamatan juga memberikan bantuan Rp. 20 juta kepada warganya yang rumahnya terbakar. Pemberian bantuan diberikan langsung oleh Kepala Desa Temulus, Sutrisno kepada Mingun secara langsung.

Sementara itu, Kepala Desa Temulus, Suhartono mengatakan, bantuan tersebut dihimpun oleh Pemdes Temulus untuk sedikit meringankan beban Mbah Mingun.

"Mungkin tidak seberapa, tapi mudah-mudahan saja bermanfaat dan bisa sedikit meringankan beban Mbah Mingun yang sedang mendapat musibah," singkat Suhartono.

"Tentu bantuan ini tidaklah cukup, olehnya itu kita harap masyarakat juga turut serta dalam memberikan bantuan kepada mereka," ujarnya.
Foto : Camat Randublatung, Budiman menyerahkan bantuan papan kayu dari Baznas Kabupaten Blora
Karang Taruna Galang Dana Bantuan
Kegiatan ini bentuk kepedulian untuk membantu korban kebakaran. Dimana Organisasi Pemuda Karang Taruna Desa Temulus, menggelar kegiatan menghimpun bantuan untuk Mingun korban kebakaran.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian untuk membantu Mingun. Dimana beberapa hari lalu rumahnya yang  menghanguskan terbakar.
Musibah kebakaran tersebut, tidak ada menelan korban jiwa, kerugian material diperkirakan ratusan juta rupiah.

Sugiyono, selaku pembina Ketua  Karang Taruna dusun Kedungsambi, mengatakan pengalangan bantuan sengaja di buka agar mempermudah masyarakat yang akan memberikan bantuan.

"Sengaja kita  mengkoordinir masyarakat yang ingin menyalurkan bantuannya, juga dapat meringankan beban saudara kita yang sedang tertimpa musibah," ungkapnya

Selain itu, panitia penggalangan bantuan juga melakukan door to door terhadap rumah warga di desa Temulus.

Sugiyono menegaska bantuan yang sudah terkumpul sebanyak Rp 13 juta dan sudah di salurkan kepada warga yang tertimpa musibah.
Foto : Ketua Baznas Kabupaten Blora, KH. Ali Muchdhor bersama Camat Randublatung, Budiman meninjau langsung lokasi pembangunan rumah korban kebakaran
Merasa Haru
Sementara itu, Mingun merasa terharu dan mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang diterima. Ia mengaku dalam kesehariannya hanya sebagai buruh serabutan. Untuk keperluan sehari-hari, kata dia, mengandalkan kerja serabutan.

“Selama rumah ini direhab, saya menempati rumah tetangga yang ada di sebelah. Terimakasih atas semua bantuannya, semoga rejeki Bapak Ibu semuanya diperlancar oleh Allah SWT, aamiin,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Mingun berstatus duda tanpa anak. Sebenarnya, dalam waktu dekat Mingun mau melangsungkan pernikahan lagi.

Rumah Mingun ludes dilahap si jago merah, Selasa (2/7/2019) pukul 00.30 Wib akibat konsleting listrik ketika ditinggal hajatan di rumah tetangga.(Ely)

Posting Komentar

0 Komentar