IKLAN




 

Anggota BPD 18 Desa Se Kecamatan Japah Resmi Dilantik

Foto : Perwakilan anggota terpilih se-Kecamatan Japah melakukan penandatangan sumpah jabatan di depan Camat Japah


BLORA, ME - Camat Japah,  Minar Ami, atas nama Bupati Blora melakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di 18 Desa Se-Kecamatan Japah, Kabupaten Blora.

Pelantikan badan penyalur aspirasi masyarakat desa dan pengawas kinerja Kades itu dipusatkan di di Gedung Pertemuan Sekar Arum, Japah, Senin (22/07/2019).

Pengukuhan 114 anggota BPD dari 18 Desa Se-Kabupaten Japah itu, ditandai dengan pengucapan sumpah oleh Camat Japah, Minar Ami diikuti oleh seluruh anggota BPD yang dilantik, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh perwakilan anggota BPD.

Turut bersama Forkompincan Kecamatan Japah dan Kades serta para Anggota BPD yang dilantik. Kepada awak media Minar Ami mengatakan, pelantikan BPD ini merupakan hal yang penting menimbang beratnya tanggungjawab dan tugas dari BPD dalam membangun Desa bersama Kepala Desa diwilayahnya masing-masing.

Lebih lanjut, Minar Ami menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh anggota BPD yang dilantik adalah, BPD harus mampu bekerjasama dengan pemerintahan desa dan berperan aktif dalam proses pembangunan di desa masing-masing.

"Seluruh anggota BPD bisa bekerjasama dengan pemerintahan desa dan berperan aktif dalam proses pembangunan di desa agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari,"ucap Minar Ami.

Selain itu, kata Minar Ami, BPD merupakan wujud kepercayaan masyarakat sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan desa yang berperan menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat sekaligus mengawasi pelaksanaan peraturan desa.

“Peran ini penting untuk meningkatkan pembangunan desa dan pemantapan pelaksanaan kinerja pemerintah desa yang diharapkan mampu menjebatani keingininan masyarakat,” kata dia.

Foto : Pengucapan sumpah dan janji oleh anggota BPD se- Kecamatan Japah 
Menurut Minar Ami, BPD merupakan mitra pemerintah desa yang dituntut senantiasa menjaga hubungan harmonis antara BPD dengan pemerintah desa demi kepentingan masyarakat.

“Keberhasilan BPD diukur bagaimana BPD bersama pemerintahan desa mampu berbuat dan bertindak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan desa, jadi keharmonisan antar lembaga ini perlu terus ditingkatkan,” katanya.

Minar Ami berharap, anggota BPD yang baru saja dilantik dapat melaksanakan tanggungjawab dengan baik sesuai amanah yang telah diberikan oleh masyarakat. 

"Karena ini merupakan amanah yang di percayakan masyarakat kepada pengurus BPD untuk itu harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan harapan, peran dan fungsi BPD yang sangat strategis dalam membangun Desa masing masing," ujarnya. 

Minar Ami juga menegaskan kepada seluruh BPD dan Kepala Desa untuk tetap menjaga dan mendukung terciptanya suasana yang aman dan kondusif.

"Mari jaga kondusifitas daerah jangan mudah terprovokasi apa lagi sampai turut menyebarluaskan berita Hoax dan ujaran kebencian," ucapnya. 

Terakhir Minar Ami berpesan kepada pengurus BPD untuk bekerja dengan baik dengan melaksanakan tugas secara sunguh sunguh dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Mari kita bangun desa dengan baik,  kepada BPD jalankan tugas dan fungsi kita dengan penuh rasa tanggungjawab," pinta Minar Ami.(Ely/Rome/Red)

Posting Komentar

0 Komentar