Ratusan Warga Srigading Periksa Kesehatan Gratis dari PMI Blora

Foto : Petugas kesehatan dari PMI Blora sedang mengecek tensi darah warga Srigading
• Bakti Sosial PMI
BLORA, ME - Seakan tidak mengenal hari libur, Jajaran Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora, menggelar Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan Gratis, di Balai Desa Srigading, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora. Ratusan warga berbondong - bondong memanfaatkan kegiatan tersebut di atas, pada hari Minggu (30/6/2019). Ir. Sutikno Slamet, Ketua Umum PMI Kabupaten Blora, memimpin langsung pemeriksaan gratis untuk ratusan warga Desa Srigading didampingi Kepala Markas PMI Blora, Dwi Puji Rahayu, SE, MM dan Sekretaris PMI Blora, Kuswanto.

"Kegiatan ini atas usulan Pengurus PMI Kecamatan Ngawen, untuk menindaklanjuti permohonan Kades Srigading, Mulyanto beberapa waktu yang lalu, dan ini juga sebagai perwujudan dari Dana yang dipungut dari masyarakat sebesar Rp. 2000,- per orang, per tahun, dan bulan bakti tahun ini, akan kami selenggarakan pada bulan Agustus - September nanti," jelasnya. " Untuk target kami 120 orang, namun kalo masih ada yang mau periksa, kami layani hingga jam 1.00 siang ini," tambah mantan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Blora
Foto : Ir. Sutikno Slamet, Ketua PMI Kabupaten Blora
Kerjasama IDI Blora
Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB, itu benar - benar dimanfaatkan warga Srigading. Satu per satu warga yang berusia lanjut diperiksa oleh 2 (dua) orang Dokter dari Puskesmas. Dokter Binda dan Dokter Monika, keduanya dari Puskesmas Ngawen.
Foto : Dokter Binda dan Dokter Monika dari Puskesmas Ngawen pemeriksa kesehatan warga.
Sekretaris PMI Blora, Kuswanto mengungkapkan, bahwa kegiatan dari PMI selalu melibatkan Dokter dari Puskesmas.

"PMI dalam kegiatannya telah bekerjasama dengan para Dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Blora," paparnya. Dokter Binda kepada Monitor Ekonomi menerangkan hasil pemeriksaan warga.

"Rata - rata warga Desa itu mengalami sakit ringan, seperti pegel linu, pusing dan  batuk pilek biasa, atau penyakit - penyakit karena penuaan usianya, tidak ada yang mengalami sakit berat, jadi setelah kami periksa tekanan darahnya, kami berikan obat baik paten maupun generik yang disediakan oleh PMI, untuk diminum selama lima hari," paparnya.

Foto : Kades Srigading, Mulyanto
Apresiasi Warga Desa
Darmini dan Sumi, warga lanjut usia yang ikut memeriksakan kesehatannya di Balai Desa yang diadakan oleh PMI Blora, merasa sangat gembira, sekaligus terharu. Kepada media mereka mengucapkan terima kasih telah diperiksa gratis kondisi kesehatannya.

"Kami sangat bersyukur ada pemeriksaan gratis ini, Sukur Alhamdulillah, setelah diperiksa sakit kami biasa saja, pegel linu, karena kami bekerja keras di sawah, tadi sudah diberikan obat Bu Dokter, sekali lagi terima kasih," ungkapnya kepada Monitor Ekonomi.

Di saat yang sama Kepala Desa, Mulyanto juga menyampaikan apresiasinya kepada PMI Blora, yang telah meloloskan permintaanya, yang diusulkan melalui Kecamatan Ngawen dan Pengurus PMI Kecamatan Ngawen.

"Saya mewakili warga Desa Srigading menyampaikan terima kasih, sudah dilaksanakan pemeriksaan gratis untuk warga kami, Alhamdulillah tidak ada yang kena penyakit berat, harapan kami semua warga bisa menjaga kebersihan lingkungan dan terus berperilaku hidup sehat," paparnya.

Perbaikan Jalan dan Jembatan
Selain itu, Kades yang baru saja menjabat selama setahun ini, berharap agar perbaikan jalan antar desa yang menghubungkan Srigading - Semawur dan longsoran bahu jalan Srigading - Karangjong segera diperbaiki.

"Sudah setiap tahun kami usulkan, ke DPU melalui Musrenbangdes, Musrenbangcam dan Musrenbangkab untuk perbaikan jalan Srigading - Karangjong yang longsor hingga mengancam jembatan juga, harus segera ditangani, saat musim hujan nanti itu bisa ambrol, kemudian jalan Srigading - Semawur yang sebenarnya jaraknya sangat dekat, namun karena kondisi rusak parah, jadi kami harus memutar lewat Kunduran, terlalu jauh dan jalan itu juga terlalu sempit, perlu dilebarkan, agar lebih cepat dan nyaman kalo ingin ke Ngawen atau ke Blora, mohon diperhatikan keluhan kami," ujarnya menggambarkan kondisi infrastruktur jalan Desanya. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar