IKLAN




 

PWRI Blora Lacak 519 Pensiunan Untuk Urus Dana Bapertarum

Pengurus PWRI Blora lacak keberadaan pensiunan ASN/PNS untuk pengurusan dana tabungan Bapertarum

"Memanfaatkan tahun politik yang kini masuk tahap kampanye Pemilu 2024, Pengurus Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Blora, terus berjuang untuk mencari informasi dan solusi terkait dana tabungan uang muka perumahan dari 519 anggotanya"

Perjuangan PWRI Blora

BLORA, ME - Jajaran Pengurus Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Blora terus berjuang untuk mencari informasi dan solusi terkait pengembalian dana tabungan uang muka perumahan untuk 519 orang para purna tugas Pegawai Negeri Sipil atau Apatatur Sipil Negara (PNS/ASN) di Kabupaten Blora. Hingga saat ini belum mendapatkan atau belum mengambil dana tabungan uang muka perumahan yang dulu dikelola oleh BAPERTARUM dan saat ini dilanjutkan oleh BP TAPERA. 

Menurut Ketua PWRI Provinsi Jawa Tengah, Hendro Martoyo mantan Bupati Jepara dua periode ini menyampaikan bahwa para pensiunan PNS/ASN di Jateng yang belum mendapatkan pengembalian dana tabungan uang muka perumahan sebanyak 17.211 orang dengan nilai dana mencapai Rp 41,3 miliar.

"Langkah dan kiprah para pengurus PWRI untuk membantu dan memperlancar dalam memperoleh dana tabungan uang muka perumahan bagi para wredatama tersebut sebagai tindaklanjut kerja sama PB PWRI Pusat dengan Badan Pengelola Dana Tabungan Perumahan Rakyat (BP TAPERA)," jelasnya, Sabtu (29/11/2023).

Kendala Data Domisili

Rupanya kendala yang ada berkaitan dengan para pensiunan PNS/ASN eks Bapertarum sebanyak 519 orang yang berasal dari Blora itu, adalah kesulitan untuk memperoleh alamat saat ini, dan asal instansi yang bersangkutan, sementara hanya tersedia data yang berisi nama dan NIP lama. Hal itu diungkapkan oleh Ketua PWRI Blora, Bambang Sulistya.

"Berbagai upaya dan kiprah kita lakukan, dengan dilandasi niat untuk beribadah dan pengabdian tanpa pamrih, kami lakukan bersama para Pengurus PWRI Kabupaten Blora, pertama, membentuk Tim Pengabdian Kelangitan (TPK) yang diketuai oleh Umartono, Wakil Ketua PWRI Blora, mantan asisten dua Setda Blora dengan tugas utama, yaitu melacak keberadaan ke 519 orang tersebut," paparnya..

Langkah kedua, dengan melakukan berbagai audensi, konsultasi dan senergi ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora. Hal itu dilakukan pada tanggal 5 Oktober 2023 yang diterima langsung oleh Sekretaris BKD Nunik Sulistiyo, matan Camat Sambong. Namun dari kegiatan audensi tersebut belum bisa membuah hasil.

"Karena BKD hanya bisa melacak secara elektronik untuk para pensiun PNS/ASN mulai tahun 2017, sebelum tahun itu hanya tercatat dalam data manual yang beradaan data sangat sulit dilacak." ungkapnya. "Mengapa langkah ini ditempuh, karena mayoritas dari 519 orang pensiunan tersebut ber NIP dari Pendidikan dan Kebudayaan." imbuhnya.

Ketemu 43 Orang

Dari berbagai ikhtiar tersebut ternyata sampai awal bulan November 2023, telah dapat diperoleh data yang lengkap sebanyak 43 orang. Selanjutnya Pengurus PWRI Kabupaten melakukan konsultasi dan koordinasi dengan BRI Cabang Blora.

Hasilnya pihak BRI Cabang Blora siap mencairkan dana tabungan uang muka perumahan bagi para pensiun PNS/ASN yang belum diambil, tidak dibatasi waktu, kapanpun bisa dicairkan dengan persyaratan sebagai berikut, bagi para pensiunan yang masih hidup.

Adapun dokumen yang harus dipersiapkan dan datang langsung ke BRI, di antaranya adalah foto copy KTP penerima, foto copy SK Pensiunan atau KARIP, foto copy halaman depan buku tabungan dan surat pernyataan bermaterai (format ditentukan BP Tapera).

Syarat Ahli Waris

Namun bagi yang sudah meninggal dapat dicairkan oleh ahli waris atau kuasa atau perwakilan dari pensiunan ASN/PNS dengan membawa kelengkapan dokumen foto copy seluruh KTP Peserta pensiun, Ahli waris/kuasa/perwakilan foto copy SK Pensiun atau KARIP, foto copy halaman depan buku tabungan, foto copy pernyataan bermaterai (Format ditentukan BP TAPERA), foto copy surat keterangan ahli waris, dan Asli Surat Kuasa ditandatangani seluruh ahli waris diatas materai, jika ahli waris lebih dari satu orang.

Sesuai informasi dari Yanita, petugas transaksi BRI Cabang Blora silahkan datang ke BRI pasti akan diberi pelayan prima, bila dokumen sudah lengkap langsung dicairkan saat itu. Bahkan Ia juga menginformasikan, bahwa sudah banyak para pensiunan eks Bapertarum yang sudah mencairkan tanpa ada pungutan biaya administrasi.

Ada ungkapan bijak yang patut jadi inspirasi dan motivasi bagi kita semua"Setiap orang yang mempunyai niat baik untuk membatu orang lain pasti akan mendapat kemudahan dan kebahagian hidup". (Guh/toeb).

Posting Komentar

0 Komentar