IKLAN




 

Mengenal Potensi Budaya Grebeg Sadran 2023

"Grebeg Sadran 2023 untuk kenalkan Keraton Kartasura Sebagai Destinasi Wisata budaya dan Religi"

Gelar Grebeg Sadran
Surakarta, ME – Gabungan para pegiat budaya di Petilasan Keraton Kartasura, diantaranya adalah Juru Kunci, PAKASA, PAWARTOS, Pejuang Untung Suropati, dan komunitas budaya lainnya, serta
dengan dukungan dari FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta, akan menggelar acara Grebeg Sadran 2023, pada Kamis, (16/3/2023) di Petilasan Keraton Kartasura dan sekitarnya.

Acara Grebeg Sadran 2023 bertema "Pengembangan Keraton Kartasura sebagai Destinasi Wisata dan Religi", tersebut akan menampilkan berbagai kegiatan budaya dan religi yang menarik, dan bermanfaat bagi masyarakat 
sekitar. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi besik makam, dzikir tahlil, kirab tumpeng, festival kuliner tradisional, pembinaan UMKM, pembagian 1000 dawet, dan puncak acara sadranan.

Acara dimulai dari pagi hingga sore hari, dan akan diikuti oleh masyarakat, maupun generasi milenial dari kalangan mahasiswa, diantaranya diikuti oleh para mahasiswa asing seperti dari Thailand, Malaysia, Philipina, sebagai upaya mengenalkan budaya Indonesia,  warisan leluhur bangsa kepada dunia internasional.

Hormati Leluhur
Kegiatan besik makam dan dzikir tahlil akan diadakan di Petilasan Keraton Kartasura, di mana masyarakat 
dapat berziarah dan menghormati para leluhur. Kegiatan besik makam pertama telah dilaksanakan hari ini minggu, (12/3/2023). Selanjutnya, kirab tumpeng akan menampilkan keindahan dan keunikan tradisi Jawa yang telah lama ada di daerah ini.

Festival kuliner tradisional akan menampilkan makanan-makanan khas Kartasura yang lezat dan menggugah 
selera. Kegiatan pembinaan UMKM juga akan diadakan, untuk membantu para pelaku usaha lokal agar semakin berkembang, dan bisa berkontribusi dalam perekonomian daerah. 

Pembinaan UMKM ini akan menghadirkan narasumber dari Praktisi dan Akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Mas Said Surakarta. 
Kegiatan lainnya, yang tak kalah menarik adalah Lomba Mewarnai bagi usia TK, tujuan lomba ini adalah untuk mengenalkan destinasi petilasan karaton Kartasura pada anak usia dini, sehingga mereka memahami sejarah budaya dan religi yang pernah ada di area Keraton Kartasura.

Pembagian 1000 Dawet
Di samping itu, 1000 dawet juga akan dibagikan secara gratis sebagai bagian dari kegiatan sosial dan kemanusiaan. Puncak acara Grebeg Sadran 2023, adalah sadranan yang akan menampilkan keindahan dan kearifan lokal yang ada di daerah ini.

Acara Grebeg Sadran 2023 diharapkan dapat menjadi ajang promosi, dan pengembangan potensi wisata 
budaya dan religi di Keraton Kartasura, serta memperkenalkan keindahan budaya lokal yang ada di daerah. Ke depan acara ini akan menjadi event tahunan yang menarik bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. (Nugi/me)



Posting Komentar

0 Komentar