IKLAN




 

Peringati Hari Ibu Nasional, Poltekkes Kemenkes Semarang Gelar E - Class Ibu Hamil



Poltekkes Kemenkes Semarang gelar gerakan ibu hamil sehat melalui E - Class Ibu Hamil

"Dalam rangka memperingati Hari Ibu Nasional, Kemenkes menyelenggarakan gerakan ibu hamil sehat, secara serentak dilaksanakan tiga hari berturut - turut dari tanggal 20 sd 22 Desember 2022". 

E - Class Bumil
BLORA, ME - Sebagai satuan kerja Kementrian Kesehatan Prodi D3 Kebidanan Blora, Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang berpartisipasi melalui kegiatan e-class Ibu Hamil. Ibu hamil yang terlibat dalam kegiatan ini, berasal dari 7 desa locus stunting Kabupaten Blora dan 3 desa binaan Prodi sebanyak 50 Ibu hamil. 

Dari 10 Desa/Kelurahan tersebut adalah Desa Balongrejo, Sidomulyo, Sendang Wungu, Purworejo, Klopoduwur, Mojowetan, Tutup, Sonorejo, Tempelan, dan Gempolrejo, dikumpulkan dalam grup Whatsapp, yang selanjutnya akan mendapatkan materi, konseling, dan edukasi secara interaktif dari Dosen-dosen Prodi Kebidanan Blora.  

Edukasi berupa E-modul seputar ibu hamil dan menyusui. Selanjutnya disediakan waktu untuk QnA. Beberapa pertanyaan dilontarkan ibu seputar terkait persiapan persalinan, persiapan menyusui, makanan yang tepat bagi ibu hamil, dan beberapa pertanyaan berkait komplikasi kehamilan yang menjadi kekhawatiran para ibu hamil. 

Dukungan Poltekkes Kemenkes
Tim Dosen Kebidanan Poltekkes Kemenkes Semarang pun memberikan jawaban yang sangat informatif, sesuai dengan kualifikasi Pendidikan Kebidanan yang memadai, ditunjang dengan kemampuan sebagai konselor menyusui yang tersertifikasi, membuat jawaban yang diberikan sangat membantu ibu hamil, untuk menambah pengetahuan tentang kehamilan, persalinan, nifas, menyusui dan merawat balita. 

Dalam kegiatan gerakan ibu hamil Sehat Nasional ini juga dilaksanakan pemasangan banner informatif tentang perlunya periksa kehamilan, konsumsi tablet Fe, imunisasi TT dan makan -makanan bergizi, hal ini dimaksudkan untuk menyadarkan masyarakat, tentang  perlunya menjaga kehamilan bagi keluarganya, dengan harapan akan dilahirkan generasi penerus bangsa yang sehat.

Mengunggah twibbon dengan tema Ibu Hamil Sehat, secara serentak dilakukan untuk membentuk atmosfir kecintaan kita kepada ibu hamil, sehingga semua orang memiliki komitmen untuk mengawal ibu hamil sehat. Sebagai puncak kegiatan Ibu Hamil Sehat Nasional di Prodi Kebidanan Blora, ditandai dengan menghadirkan 5 bumil teraktif dalam e-class Bumil untuk diberikan apresiasi. 

Menuju Indonesia Sehat
Bentuk apresiasi tersebut, adalah ibu berkesempatan menuliskan harapan atas kehamilannya, dan diabadikan dalam lembar apresiasi, mendapatkan paket bahan makanan dan makanan sehat bagi ibu hamil. Keseluruhan upaya ini, untuk menggugah kepedulian masyarakat, agar bersama-sama menuju Indonesia yang lebih sehat. 

Dengan meningkatnya pengetahuan ibu hamil, harapan akan menurunnya kasus kematian ibu dan stunting semakin nyata.
Gerakan Bumil Sehat diimplementasikan dalam mewujudkan ibu hamil, yang sehat dan berpengetahuan, serta mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan, sebagai salah satu upaya pencegahan stunting sejak sebelum bayi dilahirkan. 

Kegiatan ini melibatkan Kementerian/ Lembaga di tingkat Pusat dan Daerah, swasta, organisasi profesi, organisasi masyarakat, serta seluruh masyarakat, khususnya ibu hamil, sebagai penerima manfaat langsung dari kegiatan ini.

By; Prodi Kebidanan Blora Poltekkes Kemenkes Semarang, 22 Desember 2022
#22kamisayangibu#gerakan22#bumil sehat#aksigermas (HMS/me)

Posting Komentar

0 Komentar