IKLAN




 

Ada Tumpeng Pitulas di Korwil Bidik Jepon


JEPON - ME, Ada yang unik dari peringatan HUT RI ke-77 di Korwil Bidik Kecamatan Jepon. Selain dibarengkan dengan hari ulang tahun HIMPAUDI ke-17, pada puncak acaranya, Rabu pagi (31-08-2022) di Kantor Korwil diadakan lomba sajian makanan tradisional berupa "Tumpeng Pitulasan".

Acara Peringatan HUT RI ke-77 sekaligus HUT HIMPAUDI ke-17 ini dibuka terlebih dahulu dengan "khotmil Qur'an". Seperti pada berita-berita sebelumnya, Khotmil Qur'an telah menjadi rutinitas bulanan di Kantor Korwil Bidik Kecamatan Jepon. 

Acara dihadiri oleh Pengawas SD, Pengawas TK, Pengawas PAI serta guru-guru PAUD dari 26 Kelompok Bermain se-Kecamatan Jepon.


Koordinator Wilayah Pembinaan Pendidikan Jepon Arifin SPd mengapresiasi positif terhadap kegiatan ini. 

"Semoga HIMPAUDI Kecamatan Jepon yang telah memasuki usia yang ke-17 ini dapat lebih dewasa. Secara sadar dapat intropeksi diri atau melakukan auto kritik agar menjadi lebih baik. Semoga guru PAUD KB ke depan diakui sebagai guru dengan hak- hak sebagai guru dengan terealisasinya RUU Sisdiknas," sambutnya. 


Pada kesempatan sama, Pengawas TK Korwil Bidik Jepon Sutini SPd MPd mendoakan, "Semoga dengan adanya RUU Sisdiknas guru PAUD KB keberadaanya menjadi lebih baik, serta guru- guru untuk menjadi lebih semangat. Tapi jangan lupa, harus selalu belajar cara mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah masing-masing."

Tumpeng Pitulas

Pada pelaksanaan acara lomba, Sutini SPd MPd Pengawas TK, Sri Suliswati SPd Pengawas SD, dan Istiqomah SPdI MPdI Pengawas PAI didaulat sebagai tim juri. Keputusannya kolektif kolegial dan tidak dapat diganggu-gugat. Parameter penilaian berdasar bahan yang digunakan, rasa serta kreatifitasnya. 


Memang telah ditetapkan sebagai Juara 1: PAUD Insan Mulia, Al- Kais, Alfatah, Harapan Bunda. Juara 2 : PAUD Assalam, Lestari, Media Siwi dan Darul Ulum .Juara 3 : Adiwidya, widyaputra dan Salsabilla. Namun secara keseluruhan, tumpeng karya para guru KB Kecamatan Jepon cukup unik, antara nuansa tradisional dan kreatifitas kekinian terasa saling melengkapi. Terlihat indah dan mengundang selera. 

Setiap tumpeng yang disajikan para peserta masing-masing diberi label logo Peringatan HIMPAUDI yang bertuliskan kata PITULAS. 


Usai acara, para pemenang lomba menyempatkan diri bergambar di depan tumpeng bernuansa merah putih dalam taman bunga teratai. Bunga teratai dan hiasan nan cantik itu di-'carving' dari buah yang berdaging buah warna putih. Dicarving sedemikian rupa hingga membentuk kelopak bunga teratai yang indah. Sebagai putik bunga dipilihkan sayuran berwarna orange. 

Dari segi tampilan, cukup bersahaja, namun terlihat indah mempesona. Nasi bernuansa merah putih, berhias bendera merah putih pula, mungil namun sangat berarti. Lengkap dengan lauk pauk serta 'ingkung'-nya. Sebagai penghias tepi tumpeng dipilihkan lipatan daun pisang berbentuk cakra. Terhias pula anyaman kacang panjang serta barisan selada yang makin memperindah tampilannya.


Ketua HIMPAUDI Kecamatan Jepon melalui sekretaris HIMPAUDI Emy Nurhayati SPd guru PAUD KB Alfatah Gedangdowo mengatakan, "Lomba ini juga sebagai refreshing, juga upaya agar rekan-rekan guru PAUD untuk tetap selalu semangat." (AGP)

Posting Komentar

0 Komentar