IKLAN




 

Kodim 0724/Boyolali Gelar Lomba Mural Pencanangan Kampung Pancasila

"Gelorakan Semangat Pancasila dengan lomba mural warnai pencanangan Kampung Pancasila Kodim Boyolali"

Pencanangan Kampung Pancasila
Boyolali, ME - Dalam rangka pencanangan Kampung Pancasila, Kodim 0724/Boyolali menggelar Lomba Mural Piala Dandim Boyolali, di Desa Urut Sewu, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Kegiatan tersebut resmi dibuka secara langsung oleh Dandim 0724/Boyolali Letkol Arm Ronal F Siwabessy, pada hari Selasa pagi (29/3/2022).

Turut hadir Forkopimda Kabupaten Boyolali, masyarakat, panita lomba, dan para peserta yang sudah terdaftar. 
Dandim Boyolali, Letkol Arm Ronal F Siwabessy, dalam sambutannya mengatakan, bahwa sebagai generasi sekarang, harus menghormati jasa para founding fathers, yang telah menggagas falsafah dan dasar negara Pancasila. 

Oleh karena itu, dalam rangka revitalisasi nilai - nilai Pancasila kepada generasi milenial, perlu metode - metode yang kreatif dan tidak kaku, salah satunya melalui Lomba Mural ini.

“Lomba ini tidak hanya berbicara tentang menggambar simbol - simbol, yang kita abadikan dalam seni mural, namun bermakna dalam, kita luas sebagai internalisasi nilai - nilai Pancasila ke dalam sanubari generasi penerus”, tegasnya.

Memasyarakatkan Pancasila
Selain itu juga, Dandim 0724/Boyolali menjelaskan, fungsi dan tujuan dibentuknya Kampung Pancasila, untuk memasyarakatkan kembali Pancasila dalam tata kehidupan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta juga menggali kembali semangat untuk menghormati keberagaman suku, agama, dan ras maupun golongan, dalam bingkai mengeratkan persatuan demi tegaknya NKRI.

Dandim 0724/Boyolali juga berpesan kepada para peserta, dan dewan juri yang terlibat dalam event tersebut, untuk menjunjung sportifitas dan kejujuran. 

"Namanya perlombaan, pasti ada yang menang dan kalah, di sini bukan untuk mancari siapa yang paling hebat, tetapi bersama-sama untuk memaknai Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan negara, jadi kita harapkan semua berjalan dengan baik ” pesan Dandim kepada dewan juri dan peserta.

Danramil 05/Ampel, Kapten Arm Joko Priyanto menambahkan, bahwa lomba yang diselenggarakan tersebut, merupakan salah satu rangkaian kegiatan pencanangan Kampung Pancasila di Desa Urut Sewu, Kecamatan Ampel.

“Juara l akan mendapat hadiah uang senilai 4 juta rupiah, Juara ll hadiah uang senilai 3 juta rupiah, dan Juara lll senilai 2 juta rupiah, serta mendapat piagam penghargaan dari Dandim 0724/Boyolali”, terang Danramil.
 
Untuk Salurkan Hobby
Sementara, salah satu pemenang lomba, Ilham Nur dan tim, mengatakan bahwa dia sengaja datang dari Surakarta, setelah mendapatkan informasi dari Istagram Kodim 0724/Boyolali dan juga sesama rekan seniman, yang juga mengikuti lomba tersebut. 

“Ini saya menyalurkan hobby sekaligus mengukur kemampuan tim kami dan Alhamdulillah kami mendapatkan juara I, tentu saja perasaan kami  sangat senang semoga kedepan akan ada lomba yang serupa dan Insya Allah saya dan tim akan ikut lagi." tuturnya.

Dari hasil lomba mural yang diselenggarakan oleh Kodim 0724/Boyolali, diketahui sebagai Juara I,
Ilham Nur dari Surakarta, mendapatkan piagam penghargaan dari Dandim 0724/Boyolali, dan uang pembinaan sebesar Rp. 4 Juta, juara II
Deny Indra dari Magelang,  uang pembinaan sebesar Rp. 3 Juta dan piagam serta Juara III, Iryanto dari Boyolali, uang pembinaan Rp. 2 Juta dan piagam penghargaan. (Pendim/nug/me)

Posting Komentar

0 Komentar