IKLAN




 

Upaya Peningkatan Keterampilan Penanganan Karhutla

Pelatihan ketrampilan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Desa Bodeh

"BERSAMA CKD PERHUTANI KPH RANDUBLATUNG ADAKAN PEMBINAAN MMP & MPA"

Peningkatan Keterampilan
BLORA, ME - Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung, bersama Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I Blora, mengadakan peningkatan ketrampilan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, (Karhutla) kepada Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Masyarakat Peduli Api, (MPA) yang dilaksanakan di Balai Desa Bodeh, Kecamatan Randublatung, Blora, pada Rabu ini (23/2/2022).

Acara tersebut dilaksanakan untuk memberikan peningkatan pengetahuan, serta ketrampilan terhadap penanganan kebaran hutan dan lahan, bagi komonitas pencita lingkungan seperti MMP dan MPA, agar dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan, serta perlindungan hutan dapat dilaksanakan dengan baik, dan sesuai dengan tehnik dan prosedur yang ada.

Diikuti 30 Peserta
Lebih dari 30 orang anggota MMP dan MMA Desa, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19, tetap semangat memperhatikan materi yang diberikan dari penyelenggara, anatara lain tehnik pengendalian karhutla, dan peran serta masyarakat dalam perlindungan sumberdaya hutan.

Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber Wakil Administratur Perhutani KPH Randublatung, Kusmanto, Tim Manggala Agni Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Wilayah Pati, Imam Safii, Kepala CDK Wilayah I Blora, Bambang Doso Pramono,  Kepala Desa Bodeh, M Munadi, para anggota MMP dan MPA, serta tokoh masyarakat Desa Bodeh, Kecamatan Randublatung. 

Administratur (Adm) Perhutani KPH Randublatung, Dewanto melalui Wakil Adm Wil Selatan meyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

"Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak kususnya kepada CKD Wil I Blora atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga dengan adanya kegiatan ini karhutla dapat di antisismasi secara dini dan kelestarian sumberdaya hutan dapat selalu terjaga." ujar Kusmanto.

Pentingnya MMP MMA
Kepala CDK Wilayah I Blora dalam sambutannya juga mengungkapkan bahwa  peningkatan pengetahuan bagi  MMP dan MPA, di daerah-daerah sekitar hutan adalah merupakan cara yang efektif, untuk mencegah adanya karhutla. 

"MMP dan MPA merupakan partisipasi masyarakat terhadap upaya pelestarian alam, utamanya dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla yang hampir tiap tahun terjadi utamanya di musim kemarau” ungkapnya.

Sementara itu Ketua MMP dan MPA Desa Bodeh, Sukaryo menyampaikan terima kasih, kepada CDK dan Perhutani Randublatung, yang selalu bersedia membantu tugas aparat Pemerintah, dalam menjaga kelestarian lingkungan utamanya dalam pencegahan dan penanganan karhutla.

“Kami berterima kasih kepada pihak CDK dan Perhutani dalam pembinaan kegiatan komunitas MMP & MPA di desa Kami, kami akan selalu siap membantu, dalam menjaga kelestarian lingkungan, utamanya dalam pencegahan dan penanganan karhutla" tandas Sukaryo. (Hen/me)

Posting Komentar

0 Komentar