IKLAN




 

Jayadi Gerindra Dorong Penguatan Penggunaan Bahasa Jawa

Anggota DPRD Blora, Jayadi, (kanan) berikan sambutan dalam Bintek Guru Bahasa Jawa SMP se Blora 

"Anggota DPRD Blora dari Partai Gerindra, Jayadi dorong penguatan penggunaan bahasa Ibu, salah satunya adalah Bahasa Jawa melalui Bimbingan Teknis untuk Guru Bahasa Jawa SMP se Kabupaten Blora"

Bimbingan Teknis Guru
Blora, ME - Prihatin dengan kondisi anak generasi sekarang, yang sudah jarang menggunakan bahasa ibu untuk masyarakat Jawa, yaitu Bahasa Jawa, Anggota DPRD Kabupaten Blora, Jayadi dalam sambutannya menyampaikan dorongannya untuk memperkuat pembelajaran Bahasa Jawa baik di sekolah, rumah maupun di instansi pemerintah Kabupaten Blora.

"Saya menyambut baik dengan adanya Bimbingan Teknis bagi Guru Bahasa Jawa SMP se Kabupaten Blora ini, karena kita prihatin generasi muda sekarang, bahkan di Desa saya, Sumurboto, Jepon, banyak yang sudah tidak bisa berbahasa Jawa, ini jangan sampai terjadi, wong Jowo ilang Jawane," ujarnya saat memberikan sambutan Bimbingan Teknis Guru Bahasa Jawa SMP di Gedung B Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Senin (21/2/2022).

Pokok Pikiran Dewan
Dengan berlandaskan keprihatinan itulah, Anggota DPRD yang sekaligus Ketua DPC Partai Gerindra Blora ini, menjalankan fungsinya, yaitu memberikan dana aspirasinya atau pokok pikirannya, untuk membantu penguatan dan peningkatan kapasitas Guru Bahasa Jawa, baik negeri maupun swasta, dengan memberikan bimbingan teknis dari dua akademisi dari Universitas Negeri Semarang dan Surakarta.

"Meskipun hanya sedikit, pokok pikiran kami, yang disetujui bersama dengan Bupati, semoga ini bisa bermanfaat bagi pelestarian bahasa Jawa kita, demi anak - anak kita, agar sebagai orang Jawa, ora ilang Jawane, Nggih, wong orang luar negeri saja kepengin belajar bahasa kita kok, mosok kita malah gak," ujarnya menutup sambutannya.

Bahasa Jawa Rumah
Sementara itu, di saat yang sama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Aunnur Rofiq mengucapkan apresiasinya atas kepedulian dari Anggota DPRD Blora, Jayadi tersebut, atas sumbangan anggaran dari pokok pikiran Dewan, untuk mengembangkan bahasa Jawa.

"Kulo aturaken matur suwun kagem Bapak Jayadi, Anggota Dewan kita, ingkang sampun maringi kawigatosan kagem Guru Bahasa Jawa, sampun mbiyantu maringi kegiatan niki, bimbingan teknis Guru Bahasa Jawa SMP sak Blora, wekdalipun tigang dinten 21 - 23 Februari 2022, lan pancen leres bahasa Jawa radi sudo diagem anak - anak kita, milanipun kedah digalakkan bahasa Jawa dateng griyo piyambak - piyambak," ujarnya. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar