IKLAN




 

Bandara Ngloram Diperluas, Digelontorkan Rp. 25 Milyar Dari APBN 2022

Bandara Ngloram telah diaktifkan kembali untuk jalur penerbangan Jakarta - Cepu, Blora Pulang Pergi seminggu dua kali

"Janji Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Ngloram beberapa waktu yang lalu, untuk memperluas pembangunannya, telah menjadi kenyataan, dengan turun anggaran sebesar Rp. 25 Milyar dari APBN tahun 2022 ini"

Perluasan Bandara Ngloram
BLORA, ME - Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bandara Ngloram, Abdul Rozzaq yang mengatakan bahwa, pihaknya mendapatkan anggaran perluasan sebesar Rp 25 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) 2022, yang digunakan untuk pembebasan lahan warga sekitar 3,6 hektar.

"Sumber anggaran dari Kementerian Perhubungan anggaran DIPA Kantor UPBU Dewadaru Karimunjawa Tahun anggaran 2022," ucap Rozzaq kepada kompas.com, Kamis (17/2/2022).

"Insyallah targetnya segitu, jadi kan Rp 25 miliar itu enggak bulat, disitu ada termasuk pajak, terus biaya lain sebagainya," imbuh dia.

Presiden Jokowi telah meresmikan operasional Bandara Ngloram, Cepu

Keselamatan Penerbangan
Rozzaq menjelaskan alasannya memperluas Bandara Ngloram, karena batas pagar bandara dengan terminal penumpang, terbilang cukup dekat, sehingga perlu adanya pembebasan lahan di sekitar bandara.

"Intinya itu digunakan untuk pemenuhan keselamatan penerbangan, karena saat ini jarak tanah warga atau batas pagar bandara sebelah baratnya terminal penumpang, dengan yang tempat parkir pesawat itu kan sangat dekat hanya sekitar 9 meter," terang dia.

Selain untuk keselamatan penerbangan dan Bandara, pembebasan lahan itu, juga  untuk pembangunan fisik atau sarana prasarana penunjang lainnya.

"Ya nanti ke depan, ya bisa digunakan untuk pembangunan sarana kantor, yang di sebelah baratnya terminal itu, untuk saat ini target utama sih itu," jelas dia.

April Sudah Dimulai
Anggaran sebesar Rp 25 miliar tersebut akan mulai digunakan pada April mendatang. Sebab, mayoritas warga yang lahannya terdampak perluasan bandara, juga sudah mendukung adanya kegiatan tersebut.

"Kemarin sudah mulai sosialisasi insyallah kalau lancar semua di bulan April sudah bisa pembayaran ya. Alhamdulillah semua warga mendukung," ujar dia.

Rozzaq juga mengatakan perluasan Bandara Ngloram perlu dilakukan karena antusias masyarakat ke Bandara Ngloram semakin banyak, okupansi penumpang dari dan ke Bandara Ngloram bagus.

"Kalau kemarin rute Ngloram Halim okupansinya bagus," tandasnya penuh optimistis. (Ary/me)

Posting Komentar

0 Komentar