Tingkatkan Kapasitas Mobil Siaga Desa

Mobil siaga desa perlu ditingkatkan fasilitas untuk pelayanan kesehatan minimum dan darurat warga

Mobil Siaga Desa

BLORA, ME - Mobil siaga desa memiliki peran yang strategis, saat kondisi lonjakan Pandemi Covid 19 ini, mobilitasnya sangat tinggi, untuk mengantarkan warga yang sakit, akibat terpapar Covid 19.

Namun sayangnya, mobil siaga ini tidak dilengkapi alat kesehatan dan perlindungan diri yang mumpuni, karena awalnya memang untuk sekedar antar jemput warga yang sakit, ke fasilitas kesehatan yang ada, atau keperluan mengurus administrasi desa.

Mobil Siaga Desa memang tidak didesain seperti mobil ambulance, yang harus dilengkapi peralatan spesifikasi kesehatan standar. Namun akibat dari tingginya lonjakan penularan Covid 19, perlu ditingkatkan peralatan dan fasilitas penunjang kesehatan standar minimal untuk kondisi darurat.

Sediakan Alkes APD

Sehingga Pemerintah Desa perlu menganggarkan kembali pemenuhan peralatan kesehatan (alkes) dan Alat Pelindung Diri untuk Tim Satgas Covid 19 tingkat Desa. Mobil Siaga Desa perlu ditingkatkan fungsinya.

Dengan menyediakan Alat Pelindung Diri dan Alat Kesehatan minimal, seperti tabung oxygen portabel, komplit dengan selang dan regulatornya, oxymeter, kursi roda dan obat - obatan untuk pertolongan pertama. Sebagai penunjang program PPKM Mikro. Bukan sekedar untuk mobil dinas Kepala Desa, namun benar - benar bermanfaat untuk warga yang membutuhkan. (Rome)


Posting Komentar

0 Komentar