IKLAN




 

Ritual Sedekah Bumi Digelar Simbolis

Ritual kirim doa dan selamatan di Punden Grumbul dalam rangka sedekah bumi Desa Sumurboto, Jepon.

"Ritual sedekah bumi tetap dilaksanakan di Desa Sumurboto, Kecamatan Jepon, namun semua hanya simbolik dan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, sesuai aturan PPKM Darurat"

Sedekah Bumi Desa
BLORA, ME - Untuk menghormati leluhur dan kearifan lokal, Pemerintah Desa Sumurboto, Kecamatan Jepon, Blora tetap menjalankan ritual sedekah bumi, yang jatuh pada hari ini, Minggu Pahing (10/7/2021).

"Dengan mengikuti aturan  PPKM Darurat, prosesi ritual yaitu mengirim doa dan selamatan di tempat yang dianggap keramat, yaitu di Punden Grumbul. Dan karena suasana pandemi covid 19, warga selain dari Desa Sumurboto tidak boleh masuk." ungkap Suprapti, Kepala Desa Sumurboto, kepada Monitor Ekonomi.

Pertunjukan wayang kulit simbolis di rumah Kades Suprapti

Wayang Kulit Simbolis 
Usai selamatan di Punden Grumbul, acara dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit simbolis, dengan mendatangkan Ki Dalang Purbo Prayitno S.Pd, di kediaman Kades Sumurboto.

Sementara itu, di saat yang sama Jayadi, anggota DPRD Blora, yang suami dari Kades Suprapti, mengatakan bahwa semua dijalankan simbolis dan sangat sederhana, untuk mengikuti aturan PPKM Darurat.

"Warga selain masyarakat Desa Sumurboto tidak boleh datang, dan semua warga kami tetap mengikuti protokol kesehatan ketat," ungkapnya. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar