IKLAN




 

Bupati Arief Dukung Keser Jadi Rintisan Desa Wisata

Bupati Arief Rohman, MSi didampingi Camat Tunjungan, Bambang Dwi Priyono dan Kades Keser, Soejono tanam bibit pohon dan bambu

Bupati Apresiasi Keser

BLORA, ME - Bupati Arief Rohman hadiri kegiatan tanam pohon bersama Pemuda Karang Taruna Desa Keser, Kecamatan Tunjungan, Sabtu (3/4/2021), bersama Camat Tunjungan dan Kepala Desa Keser. 

Bupati Arief mengapresiasi dan mendorong kreatifitas yang ada di Desa Keser, menurutnya potensi yang ada di Desa Keser bisa dikembangkan untuk mendukung terwujudnya Desa Wisata.

“Potensi Desa Keser ini luar biasa, punya pemuda pemuda yang kreatif. Bisa mengolah bambu menjadi beragam kerajinan dan memulai menanam pohon bambu aneka ragam untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata Bambu. Salah satunya rumah bambu Tunggak Sewu yang menjadi tempat kegiatan siang ini, keren,” ungkap Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini.


Tanam Pohon Dan Bambu

Bupati Arief juga berpesan, agar bibit pohon yang telah ditanam, termasuk bibit bambu bisa dirawat dengan baik, agar tumbuh besar dan bisa menjadi investasi kehidupan masa depan.

“Karena menanam pohon ini kan investasi jangka panjang, untuk anak cucu kita. Niat kita menyuburkan tanah Gusti Allah, maka Insyaallah juga akan dapat pahala,” sambung Bupati.

“Semoga bisa berkembang menjadi lokasi wisata edukasi, khususnya tentang macam-macam pohon bambu dan menfaatnya, serta kreatifitas olahannya. Semoga Karang  Taruna Desa Keser juga bisa menginspirasi pemuda di desa-desa lainnya,” tambah Bupati dalam diskusi gayeng di rumah bamboo Tunggak Sewu yang berada di tengah persawahan.

Lahan 2 Hektar

Sementara itu, Kepala Desa Keser, Soedjono menyampaikan kegiatan penanaman pohon ini terselenggara berkat kerjasama dengan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) Wilayah I, Kelompok Tani Hutan (KTH) Anem Ambawani serta Karang Taruna desa setempat.

“Sebelumnya kami atas nama Pemerintah Desa Keser mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak Bupati Blora dalam acara ini,” kata Kades yang pernah menjadi Asisten Pribadi Affandi, maestro Pelukis abstrak kelas Dunia.

Dirinya menjelaskan bahwa Pemdes Keser telah menyediakan lahan seluas 2,10 hektar (tanah tunggak semi) untuk pengembangan destinasi wisata dan arboretum bambu.

Tanam 38 Jenis Bambu

Untuk saat ini telah ditanam 38 jenis bibit bambu dengan total 750 rumpun pada lahan seluas 0,5 hektar.

“Itu tanah bondo deso, yang biasanya kita lelang. Harapan kita, jika nanti bisa berkembang untuk wisata edukasi bambu maka lahannya akan ditambah, yang kedepan dikelola oleh BUMDes Keser sehingga nanti lahannya akan kami tambah lagi,” kata dia.

Ia menjelaskan selain arboretum bambu, Pemdes Keser bersama warga dan kareang taruna telan menanam 700 bibit tananam kelengkeng di lokasi setempat, serta bibit pohon gayam yang di tanam di sejumlah titik lokasi.

Akomodir Karang Taruna

Pihaknya mengaku, bahwa kebetulan anak-anak muda di desa Keser sudah ada yang membuat kerajinan dari bambu sehingga ini nantinya termasuk menjadi bahan baku kerajinan yang selama ini sudah berproduksi dan sudah dipamerkan kemana-mana. Kerajinan itu berupa gelas, cangkir dari bahan bambu.

“Bahkan di sini ada juga relawan yang membuat lukisan dari pelepah pisang (gedebog) dan sudah terkenal, namanya Mulyanto. Sehingga besar harapan kami pemuda dan warga sini semuanya bisa berkembang,” ucapnya.

Dikelola Bumdes

Ia menyebut, bahwa semuanya sudah direncanakan oleh Pemerintah Desa Keser. Tujuan utamanya, kata Soedjono adalah meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Pengelolaannya nanti dari BUMDes, termasuk akses jalan dan lainnya sedang kita bahas lebih lanjut. Kita tahu semua bahwa bambu merupakan komoditas Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) keunggulan di Jawa Tengah. Baru pertama ini di Blora membuat arboretum, di desa Keser,” jelasnya. 

Sementara itu Camat Tunjunga Dwi Bambang Priyono, SE menyampaikan apresiasi atas kreasi pemuda desa Keser yang telah berjalan dengan memanfaatkan potensi alam yang ada di wilayah desa setempat.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kecamatan Tunjungan menyampaikan apresiasi. Semoga bisa dikembangan dan terus berjalan lancar,” kata dia. (Tim Pro)

Posting Komentar

0 Komentar