IKLAN




 

Pandemi Covid 19 Pendapatan Laba UPK Menurun

Unit Pengelola Keuangan (UPK) Kecamatan Tunjungan selenggarakan musyawarah antar desa (MAD) untuk melaporkan pertanggungjawaban kinerja dari Pengurus UPK Kecamatan Tunjungan Tahun Buku 2020

MAD UPK Tunjungan

BLORA, ME  - Unit Pengelola Keuangan (UPK) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora telah menggelar Musyawarah Antar Desa (MAD) laporan pertanggungjawaban (LPj) tahun buku 2020 di Pendopo Kecamatan setempat, Rabu (27/01/2021).

Ketua UPK DAPM Kecamatan Tunjungan, Kusrin kepada awak media mengatakan, LPj digelar untuk mempertanggungjawabkan semua kinerja UPK DAPM kepada masyarakat selama satu tahun anggaran.

"Intinya kita sampaikan apa-apa saja yang sudah kami lakukan selama satu tahun dan masyarakat harus tahu," terang Kusrin.

Ia memaparkan, UPK DAPM Kecamatan Tunjungan di tahun 2020 perguliran dana yang direncanakan sebesar Rp. 6,3 milyar. Namun hanya terealisasi sebesar Rp. 5,05 milyar atau hanya 70 persen dari perencanaan.

Akibat Pandemi Covid

Untuk pendapatan bruto hanya teralisasi Rp. 701 juta atau hanya mencapai 83 persen dari perencanaan sebesar Rp. 850 juta.

Pada laba bersih, UPK DAPM Kecamatan Tunjungan meraup keuntungan sebesar Rp. 317 juta atau hanya 68 persen dari laba bersih yang telah direncanakan sebesar Rp. 470 juta.

Tidak tercapainya target yang tela telah direncanakan, Kusrin mengaku dipicu adanya pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai.

"Pandemi COVID-19 telah menyebabkan tidak terealisasinya target yang telah ditetapkan oleh UPK DAPM Kecamatan Tunjungan di tahun 2020," terangnya.

Perencanaan Tahun 2021

Selain membahas LPj, MAD Tahun Buku 2020, UPK DAPM Kecamatan Tunjungan juga membahas perencanaan kegiatan dan perencanan keuangan tahun anggaran 2021.

Lebih lanjut, Kusrin mengkatakan, asset yang telah dimiliki UPK DAPM Kecamatan Tunjungan, harus selalu dijaga dan dirawat agar tetap bermanfaat untuk kelangsungan program. Musyawarah Antar Desa bukan hanya kegiatan seremonial tapi dari situlah suatu kegiatan akan dimulai.

Selaku Ketua UPK DAPM Kecamatan Tunjungan, Kusrin juga berharap, pemerintah memberi dukungan supaya kami bisa akomodir usulan dari masyarakat yang saat ini sangat membutuhkan untuk modal usaha

"Kami pengurus UPK DAPM Kecamatan Tunjungan sangat berharap pemerintah memberi dukungan supaya kami bisa akomodir usulan dari masyarakat kelompok peminjam yang saat ini sangat membutuhkan untuk modal usaha mereka. Agar UPK masih bisa eksis dan memberi kontribusi nyata dalam pengelolaan dana bergulir di masyarakat,” pungkasnya. (El/me)

Posting Komentar

0 Komentar