IKLAN




 

IOT Griya Cerdas Estensi, Inovasi Baru Siswa SMKN 1 Blora

"Internet of Things" nama Inovasi baru siswa SMK 1 Blora Jurusan Teknik TITL

Inovasi Baru Siswa

BLORA, ME - Siswa SMK Negeri 1 Blora jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) membuat inovasi baru dalam bidang Internet Of Things (IOT) yang bisa digunakan untuk mengendalikan sejumlah peralatan dengan menggunakan aplikasi. Alat itu diberi nama Griya Cerdas Estensi. 

“Dalam masa pandemi, siswa SMKN 1 Blora jurusan TITPL membuat inovasi baru dalam bidang Internet Of Things (IOT),” terang guru pembimbing Produk Kreatif dan Kewirausahaan sekaligus pembimbing Krenova SMKN 1 Blora, Nunuk Sutristityanti, M.Pd, di Blora, Sabtu (5/12/2020). 


Aplikasi Kendali Pintar

Menurut Nunuk, alat tersebut dapat  digunakan untuk  mengendalikan  lampu, AC, kipas angin, pompa air, menyiram bunga,  tanpa  menekan saklar,  tetapi cukup menggunakan aplikasi. 

“Sehingga dapat mempermudah semua kegiatan walau tidak berada di rumah. Alat ini di ikutkan dalam lomba Kamp Kreatif SMK Indonesia (KKSI) 2020. Alat itu namanya Griya Cerdas Estensi. Jadi di tengah pandemi siswa SMKN 1 Blora tetap berkarya. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.  

Nunuk menyebut, karya inovatif ini sudah dipesan oleh  PT ACL Metal Indonesia Bekasi. Bahkan kemungkinan besar ada beberapa perusahaan lain yang juga memesan produk itu. (Gin/me)

Posting Komentar

0 Komentar