IKLAN




 

Hasil Tracking Plumbon,11 Warga Positif Covid

Puluhan warga Desa Plumbon di uji usap, sebagai upaya penelusuran pasca meninggalnya Kades Plumbon yang terpapar Covid

"Hasil penelusuran terhadap warga Desa , pasca meninggalnya Kades Plumbon, oleh Dinas Kesehatan Blora, 11 warga dinyatakan positif Covid 19"

Penelusuran Kontak Covid

Blora, ME - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora, melalui tracing terhadap warga Desa Plumbon Kecamatan Ngawen menyusul meninggalnya Kepala Desa (Kades) setempat akibat Covid -19. 

Kepala UPTD Puskesmas Rowobungkul Kecamatan Ngawen, Catur Indra mengatakan, swab test hari ini merupakan yang kedua kalinya bagi warga Desa Plumbon. Pada swab test pertama seminggu lalu, dari 45 warga ada 11 orang yang dinyatakan positif Covid -19. 

"Kemarin sudah 45 warga, terus hari ini keluar hasilnya banyak yang positif, ada 11 orang. Terus kita kembangkan tracing hari ini ada 15-20 orang yang kita swab," kata Catur, Rabu (23/12). 

Warga Di Swab 

Saat ini, menurutnya seluruh warga yang dinyatakan positif Covid -19 menjalani isolasi mandiri di rumah karena tidak ada gejala. 

"Semuanya menjalani isolasi mandiri di rumah. Karena menang mereka tidak ada keluhan," ucapnya

Indra memaparkan, Kasus Covid-19 di Desa Plumbon bermula dari meninggalnya Kades setempat yang bernama Suyono. Namun saat pemakaman tidak dilakukan secara protokol kesehatan Covid -19. 

"Jadi Pak Suyono itu dulu non reaktif tapi ada gejala. Tapi pada waktu itu pemakamannya tidak Covid-19 karena kita tidak punya dasar. Pada waktu itu juga di swab sebelum almarhum di bawa ke rumah sakit, tiga sampai empat hari keluar ternyata positif. Dan itu terus kita tracking," jelasnya. 

Salah satu warga setempat, Wina Kurniawati mengaku ikut swab test sebagai bentuk antisipasi mengingat banyak warga Desa yang terpapar Covid -19. 

"Ini sebagai antisipasi saja. Soalnya di desa banyak yang positif. Tidak tenang kalau tidak ikut swab," ucapnya. (Meg/me)

Posting Komentar

0 Komentar