IKLAN




 

FESTIVAL BAMBANGAN CAKIL BISA DITONTON VIA VIDEO STREAMING

Uji coba penayangan acara Bambangan Cakil melalui video hidup dilakukan oleh panitia setempat untuk membatasi jumlah pengunjung yang membludak di Balai Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati

Bambangan Cakil Live Stream

Blora, ME - Melonjaknya angka Covid-19 di Kabupaten Blora tak lantas membuat Panitia Festival Bambangan Cakil 2020 patah arang. Acara yang akan dihelat pada 20-31 Desember 2020 di Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati Kabupaten Blora ini bisa disaksikan melalui saluran video streaming via Youtube di Channel Pengkoljagong Sapta Pesona selama acara berlangsung.

Festival Bambangan Cakil 2020 merupakan agenda kesenian Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang telah direncanakan sejak pertengahan 2020 lalu. Festival ini menampilkan para penari dari berbagai penjuru tanah air yang juga akan menunjukkan kebolehannya menarikan tarian khas nusantara.

Taat Protokol Kesehatan

Tak main-main, untuk memastikan festival ini tetap berlangsung meski di tengah situasi pandemi, penyelenggara acara merumuskan format acara dengan tetap mentaati protocol kesehatan sesuai standar yang ditetapkan pemerintah. Kades setempat memastikan pihaknya tidak akan kompromi terkait pencegahan covid-19.

“Ada beberapa hal Yang belakangan ini kita lakukan. Kita optimalkan di pembatasan kerumunan dengan sistem pemberlakuan tiket masuk. Penambahan masker sampai hari ini terus kita upayakan, termasuk berkomunikasi dengan dinas kesehatan untuk ketersediaan tenaga kesehatan dan sejumlah alat kesehatan selama acara berlangsung,” ujar Kades Pengkoljagong, Sugiyono, Kamis (17/12/2020).

Bisa Beli Tiket

Lebih lanjut, pihaknya menambahkan meski dilakukan sejumlah pembatasan oleh penyelenggara kegiatan, para pecinta seni tak perlu berkecil hati. Festival tari yang diikuti para seniman nusantara ini tetap dapat disaksikan melalui video streaming.

Sementara, Ketua Panitia Festival Bambangan Cakil 2020, Ninda A Wiguna memastikan pihaknya telah melakukan uji coba video streaming. Hingga kini, tidak ada kendala yang berarti. Kualitas gambar dan suara tidak mengecewakan. Namun demikian, panitia juga tidak melarang jika para pecinta seni hendak berkunjung ke lokasi acara, dengan catatan membeli tiket dan melakukan pengecekan kesehatan.

“Informasi terkait tiket acara dapat menghubungi panitia, atau mengunjungi halaman  FB Pengkoljagong Sapta Pesona. Masukan dari semua pihak sangat kami harapkan demi suksesnya festival ini,” harapnya.

Tari Bambangan Cakil

Sebagai informasi, Bambangan Cakil merupakan tarian kreasi yang menceritakan tentang pertarungan Arjuna melawan raksasa Buto Cakil. Secara umum, tarian ini menggambarkan antara kebajikan melawan kejahatan dimana Arjuna akan memenangkan pertarungan epik tersebut. 

Sebagai informasi, Festival Bambangan Cakil 2020 terselenggara atas kerjasama antara Pemdes Pengkoljagong dengan Karang Taruna desa setempat. Ketua Karang Taruna Kabupaten Blora, Achlif Nugroho Widi Utomo menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya agenda seni tersebut.

“Kami atas nama Karang Taruna Kabupaten Blora menyampaikan apresiasi atas acara ini. Selain sebagai wujud uri-uri budaya, even ini juga merupakan media branding menuju destinasi paket desa wisata di Blora Selatan,” harapnya. *(TPF Bambangan Cakil 2020)

Posting Komentar

0 Komentar