IKLAN




 

Ziarah Makam Bupati Blora Tempo Dulu Pererat Silaturahmi

 

Untuk mengenang jasa - jasa Mantan Bupati Blora sekaligus jalin silaturahmi dengan keluarga besarnya, dalam setiap Hari Jadi Blora dilakukan ziarah kubur dan kunjungan oleh Pemkab Blora
Peringatan Hari Jadi Blora

BLORA, ME - Ziarah dan tabur bunga ke makam Bupati Blora tempo dulu menjadi rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-271 yang mengusung tema “Kita Sehat Blora Sejahtera”

Acara dipimpin langsung Kepala Kemenag Blora H. Suhadi,S.Ag. M.Si selaku koordinator seksi ziarah peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-271 dengan didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kab. Blora Drs. Sugiyanto, M.Si, Sabtu (28/11/2020).

Kabag Kesra Setda Blora mengemukakan kegiatan ziarah dan tabur bunga ke makam Bupati Blora yang berada di luar Kabupaten Blora, telah disepakati Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si selaku Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-271.

"Kegiatan ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di saat pandemi Covid-19, maka wajib menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya.

Silaturahmi Keluarga Bupati

Rombongan Pemkab Blora kali pertama tiba di makam almarhum Bupati Blora A. Soekirno Sastro Dimejo di makam Jangkang, Kel. Jomblang, Kec. Candisari, Semarang.

Almarhum menjabat Bupati Blora tahun 1960 -1966.

Di gapura masuk makam, Kepala Kemenag Blora H. Suhadi mengawali dengan salam dan mengucapkan tujuan dari kedatangan rombongan dari kabupaten Blora kepada putra-putri dan keluarga yang sudah menunggu. Mereka menyambut hangat karena sudah lama terjalin ikatan persaudaraan.

"Jadi kedatangan dan tujuan kami untuk mempererat tali silaturahmi, mengenang jasa almarhum serta mendoakannya," kata Kepala Kemenag Blora.

Pada kesempatan itu, dokter H. Bambang Suyudono, Sp.A, salah satu putra almarhum Bupati Blora A. Soekirno Sastro Dimejo mengatakan bangga dan bahagia atas kekeluargaan yang tetap terjalin.

Kenangan Masa Kecil

Dirinya pun mengenang masa kecil dan remaja ketika orang tuanya bertugas di Blora dahulu.

"Saya mewakili keluarga almarhum A. Soekirno Sastro Dimejo yang wafat tanggal 18 April 1993, mengucapkan terimakasih kepada rombongan dari Kabupaten Blora yang telah memberikan penghormatan kepada almarhum Bapak kami, ziarah, sebagaimana diagendakan selalu dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Blora, yang menziarahi makam mantan Bupati Blora," ungkapnya.

Sebelumnya, rombongan dari Pemkab Blora menyerahkan sejumlah buku bacaan Tahlil disertai foto almarhum Bupati. Selain itu juga diserahkan cindera mata kepada keluarga.

Doa Bersama Di Rumah

Sejatinya sesuai roundown acara dilanjutkan menuju Kabupaten Temanggung untuk ziarah ke makam almarhum Bupati H. Soemarno Tjokro Saputro,SH yang menjabat tahun 1979 - 1989.

Akan tetapi untuk mengantisipasi persebaran Covid-19, pihak keluarga menghendaki dilakukan doa bersama dari rumah di wilayah Semeru 6A Semarang.

Doa digelar penuh khidmat di rumah almarhum Bupati Blora H. Soemarno Tjokro Saputro, SH.

"Kami mewakili keluarga, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Blora. Semoga warga Blora semuanya selalu sehat dan tetap ber-Mustika. Selamat Hari Jadi Kabupaten Blora ke-271," kata Sony, salah satu putra almarhum H. Soemarno Tjokro Saputro.

Usai dari Semarang, karena tidak jadi ke Temanggung, maka dialihkan ke makam Bupati Blora Srinardi di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

Apresiasi Keluarga Besar

Kedatangan rombongan ziarah dari Blora, diterima oleh Nunung, salah satu putra almarhum Bupati Srinardi.

Doa bersama dan tabur bunga dilaksanakan penuh khidmat dan patuh protokol kesehatan.

"Saya sangat menaruh hormat kepada Pemkab Blora. Bagi saya, menyebut nama Blora adalah sejarah hidup yang sangat mengesankan," kata Nunung.

Sementara itu, pada Minggu (29/11/2020) rombongan ziarah melanjutkan ke makam almarhum Bupati Blora yang menjabat tahun 1973 - 1979, yaitu Soepadhi Joedodarmo, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta.

Hadir dalam ziarah Asisten Sekda Blora, Drs. Suryanto, MSi, dr. Henny Indriyanti dan sejumlah Kepala Bagian di Setda Blora, yakni Pitoyo Trusingtyas Sarojo dan Iwan Setiarso serta sejumlah Kasubbag.

“Ziarah ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan atas jasa almarhum Bupati yang telah memimpin Blora. Selain itu untuk mempererat tali silaturahmi dengan keluarga. Agar generasi sekarang dapat menauladani sosok mantan bupati yang telah memimpin Blora,” kata Drs Suryanto, M.Si. (Gin/me*)

Posting Komentar

0 Komentar