IKLAN




 

Donor Darah Di Hari Pendataan Nasional

Peringati HPN Kantor BPS Kabupaten Blora laksanakan bakti sosial kemanusiaan donor darah dan pembagian paket sembako

Gelar Donor Darah

BLORA, ME - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar bakti sosial (baksos) donor darah.

Kegiatan kemanusiaan itu digelar dalam rangkaian peringatan Hari Statistik Nasional 2020. Donor darah dilaksanakan di kantor BPS Blora, dengan menerapkan protokol kesehatan, Jumat (9/10/2020).

Kepala BPS Kabupaten Blora, Drs. Heru Prasetyo,  mengatakan kegiatan donor darah ini, bagian dari beberapa kegiatan lainnya dalam rangka Hari Statistik Nasional sebagai bentuk kepedulian antar sesama, dan rasa kemanusiaan dalam upaya membantu sesama, karena setetes darah yang disumbangkan akan sangat berarti untuk mereka.

"Alhamdulillah, saya juga ikut donor darah.Tadi hasilnya 11 organik, 3 DWP, mitra statistik 7, komunitas KKCI (Kijang Kapsul Community Indonesia) Chapter Blora 5, warga sekitar 6, Jadi hasilnya 32 kantong darah," urainya.

Stok Darah Menipis

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Blora itu juga menyebut, menurut info PMI, saat pandemi seperti sekarang ini stok darah di PMI menipis, oleh karena di tanggal 26 September adalah Hari Statistik Nasional (HSN). Diperingati dengan kegiatan bakti sosial donor darah dan pembagian sembako.

Perayaan HSN mempunyai makna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya statistik, meningkatkan peran serta masyarakat dalam statistik dan mendorong para pelaku statistik untuk terus melakukan kegiatan statistik sesuai kaidah yang berlaku.

"Bahwa HSN (Hari Statistik Nasional) bukan hari ulang tahunnya BPS, akan tetapi HSN merupakan hari peringatan Nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah sebagaimana layaknya hari-hari nasional yang lain, sehingga HSN adalah milik seluruh komponen bangsa termasuk di dalamnya adalah Insan BPS," jelasnya.

Pentingnya Data Statistik

Dengan memperingati HSN diharapkan seluruh komponen bangsa semakin sadar akan pentingnya data statistik.

Masyarakat luas sebagai responden diharapkan selalu memberikan data yang benar sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di setiap sensus dan survey.

Sehingga akan diperoleh data yang berkualitas yang akan membawa bangsa dan negara ke arah Indonesia Maju.

"Sesuai tema HSN tahun 2020 Data Berkualitas untuk Indonesia Maju," tegasnya.

Apresiasi Untuk Pendonor

Kepala BPS Kabupaten Blora, Heru Prasetyo menambahkan disamping  ada kegiatan baksos donor darah, juga ada pembagian paket sembako dari Dharma Wanita BPS Blora untuk warga kurang beruntung di tengah pandemi Covid-19.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan ini, semoga sumbangsih ini menjadi amal ibadah bagi para pendonor," tambahnya.

Bakti sosial donor darah selain diikuti dari jajaran pegawai BPS,  Dharma Wanita juga diikuti organisasi kemasyarakatan terkait, masyarakat umum dan KKCI serta pewarta media. (Rome)

Posting Komentar

0 Komentar